Friday, April 1, 2011

Asal Usul Sejarah Bank Gunung Slamet Cilacap

Pada tanggal 10 November 1957 di Jakarta berdiri sebuah Koperasi Simpan Pinjam Gotong Royong (KOSGORO).
Koperasi tersebut didirikan oleh Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) Brigade XVII yang diketuai oleh Mas Isman, dan berkantor Pusat di Jl. Mh. Thamrin No.53 Jakarta.
Semboyan KOSGORO adalah “Pengabdian, Kerakyatan, dan Solidaritas” dengan tujuan “melanjutkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun 1945 menuju masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD.’45.
Bank KOSGORO ketika itu ternyata memperoleh tanggapan yang positif dari masyarakat, sehingga dalam waktu yang sangat cepat Bank KOSGORO berkembang pesat hampir di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 20 Mei tahun 1969 dalam rangka memperluas pelayanan keuangan kepada masyarakat berdirilah Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap yang masih merupakan Anak Cabang Bank Pasar KOSGORO Yogyakarta.

Pada tahun 1970, Bank Pasar KOSGORO Yogyakarta mengalami kebangkrutan.
Pada tanggal 20 Juli 1970 dengan Keputusan Direksi Bank Indonesia No.3/16 Bank Pasar KOSGORO di Yogyakarta beserta dengan seluruh cabangnya di Indonesia termasuk Cabang Cilacap dinyatakan ditutup.
Walaupun demikian, dengan berbagai pertimbangan, Bank Indonesia masih memberikan kebijaksanaan / kelonggaran kepada Cabang Bank KOSGORO yang dipandang masih sehat, untuk terus melanjutkan usahanya dengan mengajukan permohonan dan rekomendasi kepada Menteri Keuangan melalui Bank Indonesia dengan persyaratan :

Bank Pasar KOSGORO Cabang harus memiliki Badan Hukum sendiri.
Mempunyai Akte Pendirian sendiri.
Mempunyai Modal dan Wilayah Kerja yang jelas.
Mempunyai Kepengurusan sendiri.

Mengingat Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap dinilai masih sehat dan dapat melanjutkan usahanya, dengan adanya kebijaksanaan Bank Indonesia tersebut, maka pada tanggal 25 Agustus 1971 berdirilah Bank KOSGORO Cilacap dengan Akte Pendirian No. 12/1971.

Selanjutnya pada tanggal 27 Maret 1973 melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 148/OMJ/III.3/1973, diberikan ijin usaha dan ditetapkan bahwa Bank Pasar KOSGORO Cabang Cilacap diganti namanya menjadi PT. Bank Pasar Gunung Slamet dengan Badan Hukum Perseroan Terbatas (PT), dengan ijin Dep. Keh. & Ham. No. C-5139 HT.01.04 TH. 2001 Kemudian sejak tahun 2001, PT.Bank Pasar Gunung Slamet kembali berganti nama menjadi PT.BPR Gunung Slamet.

Alamat Kantor Pusat Bank Gunung Slamet :
Jl. Dr. Wahidin No. 31 Cilacap
Jawa Tengah
Telp 0282-532871
Fax 0282-533418
Untuk Melihat Kantor Cabang Bank Gunung Slamet klik di sini
Untuk Melihat Kantor Kas Bank Gunung Slamet klik di sini
website Resmi :klik di sini

Diambil Dari :Website Bank Gunung Slamet