HUBUNGAN KEHIDUPAN KEKOTAAN DENGAN MUNCULNYA PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA

RINALDI AFRIADI SIREGAR/ PIS
Masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda yang begitu lama telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Pengaruh sosial dan budaya Barat serta kemajuan ekonomi di Indonesia telah mengubah dan membentuk pola kependudukan di Indonesia secara modern. Salah satu dampaknya, di Indonesia mulai lahir desa-desa dan kota-kota modern menggantikan ibu kota kerajaan menjadi pusat kegiatan masyarakat Indonesia. Kota-kota baru pada umumnya sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, dan pusat-pusat perkebunan........
Pengaruh kebudayaan Barat yang diterima masyarakat Indonesia seringkali disebut proses westernisasi. Pengaruh westernisasi pada umumnya berlangsung melalui jalur pemerintahan dan pendidikan. Proses westernisasi ini sangat jelas terlihat di kalangan bangsawan dan birokrat pribumi. Kehidupan yang dipengaruhi kebudayaan Barat sangat jelas terlihat pada kehidupan perkotaan. Kota sangat terlihat majemuk kehidupan masyarakatnya. Oleh karena pusat-pusat perkotaan baru banyak yang terbentuk karena adanya kepentingan pemerintah kolonial, maka jelas budaya kolonial yang paling kelihatan.
Masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda juga memberikan pengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan bangsa Indonesia. Sebelum pemerintahan kolonial berlangsung, sistem pendidikan Indonesia sangat tradisional. Pusat-pusat pendidikan hanya berada di lingkungan istana dan pusat keagamaan (pesantren). Kelompok masyarakat yang berhak mendapatkan pendidikan juga sangat terbatas pada keluarga bangsawan.
Namun, pada akhir abad ke-19 terjadi kemajuan pada dunia pendidikan Indonesia. Meskipun awalnya hanya untuk memperoleh tenaga administrasi rendahan dan murah, pemerintah kolonial Hindia Belanda mulai mengembangkan pendidikan. Di beberapa pusat kota baru, pemerintah kolonial Hindia Belanda mulai membuka sekolah-sekolah. Meskipun awalnya yang boleh bersekolah adalah anak-anak priayi, ini merupakan langkah baru bangsa Indonesia untuk memperoleh pengetahuan baru. Perkembangan pendidikan di Indonesia menunjukkan gairah setelah pemerintah kolonial Hindia Belanda melaksanakan kebijakan Politik Etis. Salah satu kebijakan Politik Etis adalah mengembangkan pendidikan (edukasi) di Indonesia. Meskipun sekolah-sekolah masih terdapat di kota-kota tertentu, pengaruhnya sangat luas dan kelak menjadi awal lahirnya Pergerakan Nasional Indonesia.
Inilah titik awal peranan kota dalam memunculkan semangat kebangsaan Indonesia sehingga melahirkan organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. Kehidupan masyarakat kota pada umumnya sangat dinamis dibandingkan kehidupan desa. Kota menjadi tempat bertemunya berbagai jenis budaya, adat-istiadat, dan ras manusia yang berbeda. Apalagi di kota tersebut terdapat tempat-tempat yang menarik untuk didatangi. Pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda salah satu yang menjadi daya tarik orang mendatangi suatu kota adalah adanya sarana pendidikan (sekolah). Dengan bersekolah terbuka peluang bagi seseorang untuk mengubah status sosialnya. Pada perkembangan berikutnya, pendidikan menjadi sarana penyadaran nasionalisme Indonesia.
Berbagai kota di Indonesia pada masa kolonial Hindia Belanda, seperti Batavia (Jakarta), Bandung, Bogor, Surabaya, dan Probolinggo menjadi tempat pendidikan yang menarik. Banyak rakyat Indonesia yang datang ke kota tersebut untuk memperoleh pendidikan. Mereka berharap dengan pendidikan yang diperoleh akan mengubah nasib.
Kesamaan penderitaan dan kesengsaraan akibat penjajahan mereka sampaikan di antara para pelajar tersebut. Bangkitnya nasionalisme di negaranegara Asia dan Afrika dapat dengan mudah mereka peroleh informasinya karena mereka hidup di kota. Akibatnya dari kota-kota tersebut, bangkitlah kesadaran mereka untuk membebaskan diri dan bangsanya dari cengkeraman penjajahan asing. Dengan demikian, dari kota-kota yang memiliki tempat pendidikan semangat kebangsaan mulai berkobar dan menyebar ke seluruh tanah air.....

DAFTAR PUSTAKA :
- http://ozikucluk.blogspot.com/2010/02/hubungan-kehidupan-perkotaan-dengan.html
- http://www.erlangga.co.id/


DITERBITKAN PADA 9/30/2013 08:10:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah nasionalisme dengan judul HUBUNGAN KEHIDUPAN KEKOTAAN DENGAN MUNCULNYA PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/09/hubungan-kehidupan-kekotaan-dengan.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment