Mengapa Pria Dilarang Memakai Emas




Larangan memakai emas bagi pria, mungkin terdengar nyeleneh. Mengapa mesti dilarang, dan mengapa hanya wanita yang boleh memakai emas (perhiasan)?. Ada beberapa hadist yang menjadi alasan mengapa pria / laki-laki dilarang memakai emas. Beberapa diantaranya bisa dilihat dibawah ini.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radiallahuanhu, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi shallallahu alayhi wasalam melarang memakai cincin emas“(HR Bukhari).

Nabi shallallahu alayhi wasalam pernah melihat sebuah cincin emas ditangan seorang lelaki, lalu beliau melepaskan cincin itu dan membuangnya, seraya bersabda, “Salah seorang dari kalian sengaja mengambil bara api neraka dan meletakkannya ditangannya“, Setelah itu Rasulullah pun pergi. Para sahabat berkata kepada lelaki itu “Ambillah cincinmu itu dan manfaatkanlah“. Lelaki itu menjawab “Tidak demi Allah, aku tidak akan mengambilnya setelah Rasulullah membuangnya“. (HR Muslim)

Diriwayatkan dari Ali radiallahuanhu, bahwa Rasulullah shallallahu alayhi wasalm pernah bersabda, “Diharamkan memakai sutra dan emas bagi kalangan laki-laki umatku dan dibolehkan bagi kalangan wanitanya “. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’I dan Ibnu Majah).
***

Namum menurut sebuah situs web, larangan memakai emas bagi pria juga punya alasan ilmiah. Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia. Dan jika pria mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam persentase yang melebihi batas (dikenal dengan istilah ” Gold Migration “).

Dan apabila ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer. Alzheimer sendiri adalah penyakit dimana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental dan fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Lalu mengapa Islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas ? Wanita tidak mengalami masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui menstruasi atau haid.

Penutup:
Kalo menurut admin sih, yang namanya anjuran dari Rasulullah tentulah mengandung berkah dan kebaikan. Ribuan tahun yang lalu, Nabi Muhammad sudah melarang bagi pria untuk memakai emas tapi baru sekarang ada penjelasan ilmiah mengapa hal tersebut dilarang.
Terima kasih telah membaca


DITERBITKAN PADA 9/21/2013 06:03:00 AM


dan Anda sedang membaca makalah sunnah dengan judul Mengapa Pria Dilarang Memakai Emas. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/09/mengapa-pria-dilarang-memakai-emas.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment