11 Hadist Tentang Shalat



Shalat adalah tiangnya agama islam dan merupakan kewajiban bagi setiap penganutnya. Tidak ada alasan apapun bagi setiap muslim untuk meninggalkan shalat, dan harus dikerjakan 5 kali dalam sehari semalam. Begitu pentingnya shalat ini sehingga sangat ditekankan dan tidak boleh ditinggalkan, jika tidak bisa dikerjakan dalam keadaan berdiri maka boleh dilakukan dalam keadaan duduk, Jika sedang dalam perjalanan jauh, maka boleh diringkas, dan berbagai kemudahan lainnya selama itu memang sesuai dengan kondisinya dan tidak ada kesengajaan untuk menundanya.

Dibawah ini 11 hadist yang berkaitan dengan shalat, sebenarnya ada banyak hadist yg berkaitan dengan shalat, tapi  disini admin share 11 aja dulu, soalnya yg lain admin blum tau. Semoga bermanfaat.

  1. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berwudhu dan membaguskan wudhunya lalu keluar sengaja untuk sholat maka sesungguhnya ia dalam sholat selagi ia sengaja berniat shalat. Dan dengan salah satu langkah kakinya dituliskan kebaikan baginya dan dihapuskan darinya satu keburukan dengan langkah kaki yang lain..” (HR. Bukhari, 647)
  2. Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang shalat isya’ berjama’ah maka seolah-olah dia telah shlat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat subuh berjama’ah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim, 656)
  3. Pentingnya sholat, sampai-sampai Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa mendengar panggilan sholat (adzan) lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada sholat baginya kecuali karena udzur.” (HR.Ibun Majah, 793. Al-Albani berkata “shahih”)
  4. Rasulullah SAW bersabda,”Sungguh diberi kabar gembira orang-orang yang berjalan di kegelapan malam ke masjid dengan cahaya yang sempurna di hari kiamatt.”(HR. Ibnu Majah,780)
  5. Salah satu keutamaan sholat lima waktu, Nabi SAW bersabda, “Sholat lima waktu itu menjadi penebus dosa yang terjadi diantaranya (waktu sholat ke sholat selanjutnya), selama meninggalkan dosa besar.” (HR. Muslim)
  6. Rasulullah SAW bersabda,”Seandainya manusia mengetahui (keutamaan) adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak menemukan cara mendapatkannya selain dengan berundi, niscaya mereka mau melakukannya.”(HR.Bukhari,615)
  7. Rasulullah SAW bersabda,”Shalat yang paling berat atas oranng munafik adalah shalat ‘Isyai dan Shubuh. Seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang ada pada keduanya, niscaya mereka menghadirinya meski dengan merangkak…(HR.Bukhari,657)
  8. Rasululah SAW bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan amalan yang dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan dan menghilangkan dosa-dosa?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja, ya Rasulullah.” Lalu Beliau bersabda, “(Yaitu) menyempurnakan wudhu pada keadaan tidak diisukai, banyak melangkah ke masjid, dan menunggu shalat berikutnya setelah mengerjakan shalat.” (HR.Ibnu Hibban,1036)
  9. Rasulullah SAW bersabda, “Bila seorang dari kalian selesai shalat di masjid, hendaknya ia memberi bagian shalat sunnahnya di rumahnya, sebab Allah menjadikan kebaikan dari shalatnya di rumahnya.”(HR.Muslim,778)
  10. Rasulullah SAW bersabda, “Shalatlah wahai manusia di rumah-rumah kalian, karena shalat seseorang yang paling afdhal itu dikerjakan di rumahnya, kesuali shlat fardhu (wajib).” (HR. An-Nasaai,III/198)
  11. Rasulullah SAW bersabda, “…Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikatNya bershalawat atas orang-orang yang menyambung shaf dan barangsiapa menutup celah, maka dengannya Allah mengangkat dejatnya. Dan tidaklah ada langkah kaki yang lebih dicintai Allah daripada langkah kaki yang digunakan menyambung shaf.”(HR. Ahmad,IV/285).
Beberapa hadist tambahan lainnya antara lain: 
  1. Pokok perkara adalah Islam, tiangnya shalat dan puncaknya jihad fii sabiilillah. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)
  2. Perumpamaan Shalat yang lima waktu adalah seperti sebuah sungai yang dalam dan mengalir; yang berada di depan pintu rumah salah seorang di antara kamu, ia mandi di sana setiap hari lima kali. (HR. Muslim).
  3. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Islam itu terdiri atas lima rukun. Mengakui bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammat itu adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, hajji ke Baitullah dan puasa Ramadlan. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim,
Demikian kesebelas hadist yg berhubungan dengan shalat. Begitu pentingnya kedudukan shalat ini karena kelak di hari akhir nanti, amalan inilah yg pertama kali akan dihisab. Jika baik shalat kita, maka baik pula seluruh amalan kita, namum manakala buruk shalat kita, maka amalan lain pun menjadi sia-sia.


DITERBITKAN PADA 10/22/2013 07:48:00 AM


dan Anda sedang membaca makalah Shalat dengan judul 11 Hadist Tentang Shalat. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/11-hadist-tentang-shalat.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment