Bahaya Kegemukan Obesitas Merusak Jaringan Otak

Bahaya Kegemukan Obesitas Merusak Jaringan Otak


pelangsing badan tiens, Bahaya Kegemukan Obesitas Merusak Jaringan Otak


Berat badan ideal ternyata sangat penting, selain untuk penampilan dan kepercayaan diri juga untuk kesehatan. Kelebihan berat badan obesitas memang banyak sekali menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Studi teranyar menunjukkan, orang yang kegemukan atau obesitas memiliki jaringan otak 8 persen lebih sedikit dibanding pada orang yang berat badannya normal. Akibatnya, otak mengalami kemunduran sampai 16 tahun lebih tua dibanding orang yang memiliki berat badan ideal. 



Mereka yang kegemukan ternyata juga mengalami kemunduran otak. Orang gemuk memiliki jaringan otak empat persen lebih sedikit, dan otaknya terlihat lebih tua 8 tahun. Kesimpulan tersebut  dibuat berdasarkan penelitian otak 94 orang berusia 70 tahun. Menurut ketua peneliti, Paul Thomson profesor saraf dari UCLA, AS, hasil studi ini mewakili kemunduran otak berat pada orang yang obesitas.



Berkurangnya jaringan otak bisa berakibat pada menurunnya kemampuan kognitif dan beresiko pada penyakit Alzheimer atau penyakit lain yang menyerang  otak. Risiko terkena Alzheimer bisa dikurangi bila pola makan kita sehat dan berat badan selalu terkontrol. 



Selama ini para ahli kesehatan telah menyerukan bahaya dari kegemukan terhadap kesehatan, misalnya saja penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, dan menurunnya kemampuan seksual. Para ahli bahkan mengatakan orang dewasa yang kegemukan mendapat masalah kesehatan kronis lebih parah dibanding para perokok berat maupun orang yang sangat miskin.



Menurut badan kesehatan dunia (WHO), saat ini lebih dari 300 juta orang di dunia tergolong obesitas dan jutaan orang lainnya kegemukan. Penyebab utama terjadinya kegemukan adalah pola makan yang buruk, termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan instan.

Orang yang obesitas akan kehilangan jaringan otak di bagian depan dan bagian temporal lobes, area otak yang sangat penting untuk memori dan perencanaan. Selain itu, area lain yang terganggu adalah anterior cingulate gyrus (berfungsi untuk memusatkan perhatian), hippocampus (memori jangka panjang), dan basal ganglia (untuk pergerakan). 



Otak orang yang obesitas mengalami kemunduran 16 tahun dibanding orang yang kurus. Sedangkan orang yang kegemukan kemundurannya 8 tahun. Berat badan merupakan hal yang tidak bisa diremehkan, sudah saatnya bagi yang kelebihan berat badan mengambil tindakan sejak dini untuk mengurangi berat badan demi kesehatan. (kompas)




DITERBITKAN PADA 10/31/2013 01:30:00 AM


dan Anda sedang membaca makalah Artikel dengan judul Bahaya Kegemukan Obesitas Merusak Jaringan Otak. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/bahaya-kegemukan-obesitas-merusak.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment