BANDUNG LAUTAN API

RAHMAT ARIFAN/PIS

Tepat pada  pertengahan bulan oktober tahun 1945 tentara sekutu ( inggris ) memasuki kota bandung,dan menjelang bulan november 1945 pasukan nica juga masuk kekota bandung dengan melakukan aksi teror.masuknya tentara sekutu ( inggris ) kekota bandung dimanfaatkan oleh nica yang untuk mengembalikan kekuasaan nya di indonesia seperti dahulu kala akan tetapi hal tersebut dapat di cegah oleh parah pemuda dan para pejuang kemerdekkaan dengan semangat yang berkobar-kobar untuk mempertahankan kemerdekaan repulik indonesia.
Pertempuran besar maupun kecil tidak terhelakan lagi di kota bandung yang tujuan utamanya tentu untuk mempertahankan kemerdekaan yang baru di peroleh pada tanggal 17 agustus 1945. Dengan tujuan untuk menhindari ketegangan dengan sekutu dan nica makadisepakati diadakan perundingan antara pihak republik indonesia dengan pihak sekutu ( inggris ) dan nica.
Dan dari hasil perundingan pada tanggal 25 november 1945 antara indonesia dengan pihak sekutu ( inggris ) dan nica bahwa kota bandung dibagi menjadi dua bagaian yaitu bandung utara yang dikuasai oeh sekutu ( inggris ) dan nica sedangkan sebagian bandung selatan dikuasai oleh republik indonesia.
Di tengah-tengah sikuasi yang sedang memanas terjadilah pristiwa yang mengejutkan yaitu jebolnya bendungan cika pundung menyebabkan masuknya banjir besar kedalan kota bandung. Meskipun penduduk indonesia yang ada di bandung utara telah menosongkan kota tetapi hal tersebut tidak membuat sukutu ( inggris ) dan nica puas mereka menuntut warga bandung utara untuk mengosongkan kota bandung utara sejauh 11 km tentu hal tersebut membuat warga bandung utara marah.
Mereka dengan sengaja membakar kota bandung, Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan tujuan agar Sekutu ( inggris ) dan nica tidak dapat menggunakan kota bandung lagi. asap hitam mengepul dimana-mana membubung tinggi di langit kota bandung. Semua listrik mati.sekutu ( Inggris ) mulai menyerang sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling sengit terjadi di Desa Dayeuhkolot, sebelah selatan Bandung, di mana terdapat pabrik mesiu yang besar milik Sekutu ( inggris ). TRI bermaksud menghancurkan gudang mesiu tersebut. Untuk itu diutuslah pemuda Muhammad Toha dan Ramdan. Kedua pemuda yang berani   itu berhasil meledakkan gudang mesiu miliki sekutu ( inggris ) tersebut dengan granat tangan. Gudang mesiu tersebut tersebut meledak dan terbakar, tetapi sayang kedua pemuda itu pun ikut terbakar di dalamnya. Staf pemerintahan kota Bandung pada mulanya akan tetap tinggal di dalam kota, tetapi demi keselamatan maka pada jam 21.00 itu juga ikut keluar kota. Sejak saat itu, kurang lebih pukul 24.00 Bandung Selatan telah kosong dari penduduk dan TRI. Tetapi api masih membubung membakar kota.dan kota bandung pun berubah menjadi lautan api peristiwa bersejarah tersebut di abadikan dalam sebuah lagu yang berjudul halo-halo bandung yang dijadikan lagu nasional.

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga





DITERBITKAN PADA 10/08/2013 07:14:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah BANDUNG LAUTAN API dengan judul BANDUNG LAUTAN API. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/bandung-lautan-api.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment