DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI DI INDONESIA

Khairin Nisa/pis

            Revolusi industri di Inggris membawa pengaruh yang sangat besar bagi dunia. Pengaruh tersebut tidak hanya dirasakan di Inggris saja, tetapi juga di seluruh dunia. Indonesia pun merasakan dampak terjadinya revolusi industri. Revolusi yang berkembang di inggris kemudian meluas ke Negara-negara lain di Eropa. Akibatnya muncul negara-negara industri yang ingin berlomba-lomba menguasai pasar. Perkembangan industri juga terjadi di negeri Belanda sejak tahun 1860-an. Hal itu menyebabkan semakin meningkatkan semakin meningkatnya peran kaum borjuis liberal sebagai tulang punggung kapitalis.

            Sejak berlakunya undang-undang agraria pada tahun 1870, politik kolonial memberi kebebasan seluas-luasnya kepada pemilik untuk berusaha dan berdagang di Indonesia.Pada tahun 1870-an, para pemilik untuk berusaha dan berdagang di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu tujuan bangsa-bangsa Eropa, karena jumlah penduduk dan sumber daya alam Indonesia sangat potensial. Negara-negara Eropa yang datang ke Indonesia seperti Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Negara Belanda telah menjadi negara boneka Prancis dengan rajanya bernama Lodewijk Napoleon, adik Napoleon Bonaparte. Ia mengangkat Willem Deandels sebagai Gubernur Jenderal di Indonesia.

            Meskipun seorang yang sangat liberal, langkah-langkah Daendels di Indonesia bersifat merkantilis. Pengganti Daendels adalah Gubernur Jenderal Jenssens. Karena Jenssens adalah orang yang lemah, ia tidak bisa mempertahankan pulau jawa dari serangan inggris. Setelah Inggris berkuasa di Indonesia, Thomas Stamford Raffles diangkat sebagai penguasa dari tahun 1811-1816. Sebagai seorang liberal, Raffles mempunyai rencana untuk menghapus monopoli perdagangan, verplichte leverantie, dan contingen. Namun, rencana tersebut gagal karena pajak tanah tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, sistem merkantilisme ekonomi VOC  pada tahun 1816, Indonesia di serahkan kepada belanda.

            Komisaris Jenderal Belanda yang terdiri atas Ellout, Buykes, Danvan der capellen menerima penyerahan Indonesia dari Inggris. Merkantilisme diganti perekonomian bebas, tanpa monopoli, dan kemudian banyak perusahaan belanda mendirikan perkebunan di Indonesia. Pada saat itu, belanda mengalami kesuitan keuangan karena dananya digunakan membiayai perang melawan Inggris dan berbagai peperangan di Indonesia. Atas anjuran muntinghe (seorang anggota dewan hindia) dibentuklah kongsi dagang yang bernama nederlandsche handel maatschappij (NHM) yang bergerak dibidang pelayaran, perindustrian, dan perdagangan.
  
Daftar pustaka

Matroji, sejarah SMA/MA jilid 3 kelas XI Program IPS.jakarta penerbit bumi aksara
http://perpustakaancyber.blogspot.com/2013/03/akibat-dan-dampak-revolusi-industri-terhadap-indonesia-di-bidang-politik-sosial-ekonomi-iptek-budaya-dan-demografi.html


DITERBITKAN PADA 10/09/2013 07:59:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah REVOLUSI INDUSTRI dengan judul DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI DI INDONESIA. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/dampak-revolusi-industri-di-indonesia.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment