KABINET NATSIR

RAHMAT ARIFAN/PIS

Antara tahun 1950 sampai dengan tahun 1959 merupakan masa berkipranya partai politik di indonesia dua partai besar yang silih berganti berkuasa pada masa itu yaitu partai politik PNI dan MASYUMI dan apabila berganti partai politik yang berkuasa maka kabinetnya pun berganti alhasil tidak ada kabinet yang berumur panjang akibatnya program-program kerja yang telah di rencanakan tidak bisa dilaksanakan dengan baik.
Kabinet natsir adalah kabinet yang memerintah dari tanggal 6 september 1950 sampai dengan 21 maret 1951,kabinet natsir adalah kabinet pertama yang memerintah negara kesatuan republik indonesia satelah di bubarkannya republik indonesia serikat ( RIS ),kabinet ini di pimpin oleh partai politik MASYUMI .
Kabinet natsir di dukung oleh tokoh-tokoh terkenal yang memiliki ke ahlian yang tidak bisa digagukan lagi dan reputasi tinggi seperti berikut ini
1.sri sultan hameng kuwono IX
2. Mr asaat
3.Mr moh roem
4.ir djuanda
5.Dr sumitro djojohadikusumo
Adapun program-program kerja yang dilaksanakan oleh kabinet natsir adalah sebagai berikut ini:
1.menggiatkan usaha keamanan dan perdamaian
2.konsolidasi dan menyempurnakan pemerintahan
3.mnyempurnakan organisasi angkatan perang
4.menyembangkan dan memperkuatkan ekonomi kerakyatan
5.memperjuangkan penyelesaian masalah irian barat
Dan pada masa pemerintahan kabinet natsir pemberontakan hampir terjadi di seluruh wilayah indonesia misalnya seperti gerakan DI/TII,gerakan andi aziz,gerakan apra, dan gerakan RMS hal tersebut diperburuk dengan perundingan masalah irian barat yang mengalami jalan buntu. Sehingga munculnya mosi tidak percaya terhadap kabinet natsir,sehingga pada tanggal 21 maret 1951 perdana menteri natsir mengembalikan mandat kepada  presiden.

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga



DITERBITKAN PADA 10/09/2013 09:07:00 AM


dan Anda sedang membaca makalah KABINET dengan judul KABINET NATSIR. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/kabinet-natsir.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment