MASA KEJAYAAN MAJAPAHIT

CYNDI DWI RAHMADANI / PIS

            Pada masa pemerintahan Jayanegara, seorang pendeta Italia, Odorico dan Pordenone mengunjungi keraton Majapahit di Jawa. Pada tahun 1328 Jayanegara dibunuh oleh tabibnya, Tanca. Seharusnya yang menjadi ratu Majapahit adalah Gayatri Rajapatni namun sayang Rajapatni lebih memilih menjadi biksuni dan keluar dari Istana sehingga ditunjuklah anaknya yang bernama Tribuwanatungggadewi.
            Tahun 1336 Tribuwana menunjuk Gajah mada sebagai Patih. Pada saat pelantikannya Gajah Mada mengucapkan sumpah Palapa yang menunjukkan rencananya untuk melebarkan kekuasaannya dan membangun sebuah kerajaan. Tribuwana berkuasa di Majapahit sampai tahun 1350 pada saat kematian ibunya dan selanjutnya diteruskan oloeh putranya Hayam Wuruk.
            Hayam wuruk menjadi raja dengan Gelar Sri Rajasanegara. Dalam kepemimpinan Sri Rajasanegara dan Gajah mada, persatuan Nusantara berangsur terwujud. Wilayah pertama yang ditaklukkan Majapahit adalah Bali kemudian Sumatra. Dan pada akhirnya, hampir seluruh wilayah Nusantara dan Semenanjung Malaya mengakui kekuasaan Majapahit.
            Satu kebijakan Gajah Mada yang dinilai sebagai kegagalan adalah dalam upayanya "menjebak" kerajaan sunda dalam perkawinan politik yang berakhir dengan pertumpahan darah di Bubat. Pada peristiwa itu Raja Pajajaran dan putrinya terbunuh. Akibatnya, Pajajaran menjadi satu-satunya kerajaan di Nusantara yang tidak mau tunduk kepada Majapahit.
            Untuk memperkuat kedudukannya Majapahit menjalin hubungan dengan negara-negara asing seperti Siam, Darmanagara, Campa, dan Kamboja. Sri Rajasanegara juga berusaha untuk mempersatukan tiga aliran Agama, yaitu Bhuda, Siwa dan Wisnu. Kerukunan hidup di Majapahit dilukiskan oleh Mpu tantular dalam kitab Sutasoma dengan kalimat "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya Berbeda-beda tapi tetap satu.
            Tahun 1364 Gajah mada wafat dan kemudian di susul oleh Sri Rajasanegara pada tahun 1389.


DAFTAR PUSTAKA
2009. Muatan lokal Ensiklopedia sejarah dan budaya. Sejarah Nasional Indonesia 6. Jakarta: Lentera Abadi


DITERBITKAN PADA 10/10/2013 07:20:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah KERAJAAN MAJAPAHIT dengan judul MASA KEJAYAAN MAJAPAHIT. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/masa-kejayaan-majapahit.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment