ORGANIZATION OF ISLAMIC CONFERENCE (OIC)

RAHMAT ARIFAN/PIS

Organization of islamic conference ( oic ) atau yang lebih dikenal di indonesia dengan sebutan oki ( organisasi konferensi islam ) terbentuk kerana dilatar belakangi oleh rasa khawatir atas jatuhnya kota jerusalem ketangan bangsa yahudi ( israel ) dan reaksi atas pembakaran mesjid al aqsha pada tanggal 21 agustus 1969.
Pembakaran mesjid al aqsha yang dilakukan oleh bangsa yahudi ( israel ) yang  membangkitkan amarah dari umat islam di seluruh dunia,dan raja hassan II dari maroko menyeruhkan pada dunia arab pada khususnya dan dunia islam pada umumnya untuk menuntut tindakan yang dilakukan oleh bangsa yahudi ( israel ).
Abdul haliq hasunah (sekretaris jenderal liga arab) menyemukakan pernyataan resmi dan mengajak umat islam dan nasrani  yang ada di seluruh dunia untuk merapatkan barisan untuk menghadapi musuh bersama yaitu yahudi ( israel ). Pada tanggal 22 agustus 1969 berlansung pertemuan  kilat antara para duta besar dari anggota liga arab yang membahas tentang persiapan konferensi menteri luar negeri pada tanggal 25-26 agustus 1969. Hasi dari konferensi tersebut adalah sebagai berikut ini:
1.tindakan dari bangsa yahudi ( israel ) yang dengan sengaja membakar masjid al aqsha merupakan tindakan yang tidak dapat di maafkan.
2.melalui tindakan itu yahudi ( israel ) ingin merongrong atau merusak secara berangsur-angsur kesucian umat islam dan nasrani serta mengancam keamanan arab dengan senjata. Oleh karena itu perebutan kembali jerusalem dan masjid al aqsha hanya bisa dilakukan dengan rencana yang matang dan kekuatan senjata.
Tujuan dari OKI adalah sebagai berikut ini:
1.memajukan solidaritas islam di antara negara-negara anggota oki
2.mengkonsolidasikan kerja sama di antara negara-negara anggota oki dalam bidang ekonomi,sosial,budaya,ilmu pengetahuan dan bidang lainya.
3.berupaya menghapuskan pemisahan rasial dan diskriminasi serta menghilangkan kolonialisme dalam segala bentuk
4.mendukung setiap upaya menciptakan perdamaian dan keamanan dunia
5.mengkoordinasikan usaha-usaha untuk melindungi tempa-tempat suci dan mendukung setiap perjuangan rakyat palestina untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka atas tanah palestina.
6.memperkuat perjuangan umat islam untuk melindungi martabat umat,idenpendensi dan hak-hak masing-masing negara islam.
7.menciptakan suasana yang harmonis untuk meningkatkan kerja sama dan pengertian antara negara anggota oki dan negara lainya.
KTT pertama oki yang diselenggarakan di rabat maroko,yang dihadiri 28 negara islam menghasilkan keputusan sebagai berikut ini
1.mengutuk pembakaran yang dilakukan oleh yahudi ( israel ) atas masjid al aqsha
2.menuntut dikembalikannnya kota jerusalem sebagaimana sebelum perang tahun 1967
3.menuntut penarikan tentara yahudi ( israel ) dari seluruh wilayah arab yang di dudukinya
4.menetapkan pertemuan tingkat tinggi menteri luar negeri di jeddah pada bulan maret 1970

DAFTAR PUSTAKA
  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga
LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI



DITERBITKAN PADA 10/03/2013 11:01:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah OIC dengan judul ORGANIZATION OF ISLAMIC CONFERENCE (OIC). Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/organization-of-islamic-conference-oic.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment