PERADABAN YANG TELAH HILANG

SRI OKTAVIANI/PIS

            Tahun 221 M revolusi dan perang sipil meletus di wilayah Indian Maya.Sejumlah bangunan di Chichen Itza meninggalkan bekas terjadinya kerusuhan dan perang.Kerusuhan dan kekacauan tersebut mungkin menjadi penyebab utama lenyapnya peradaban Maya,sebelum orang-orang Eropa mendarat.Peraban suku bangsa Maya asli (Maya Itza)berada pada 500 SM-800 M.Masa kejayaan peradaban Maya,ditandai dengan seni pahat,patung keramik,selain arsitektur.Pada saat itu,bahan bangunan terpenting adalah batu.
            Bangsa Maya membangun kota mereka memakaimaterial bebatuan bersusun dengan berbagai ukuran.Bangunan dari batu ini terlihat kasar namun indah.Menyiratkan suatu bentuk peradaban yang sudah maju dengan system tata kota yang teratur,rinci dan  detail.Bahkan teknologi pengerasan jalan sudah ditemukan.Buktinya benyak di situs bangsa Maya terdapat jalan raya yang lebar,lurus dan panjang terbuat dari struktur batu yang rapi.
            Satu peninggalan berteknologi "modern" yang tersisa dari mereka adalah jalan raya yang menghubungkan Coba dan Yaxuna sejauh 62 mil.Semua struktur jalan karya suku Maya memiliki ukuran dengan standar sama yang dibuat dengan detail yang mengagumkan.Peradaban suku Maya di daerah Honduras,Guatemala.dan Yucatan adalah pemuja Dewa Matahari,sehingga mereka membangun bangunan-bangunan untuk upacara keagamaan di bukit-bukit dalam bentuk piramida-piramida tangga.Salah satu peninggalannya adalah piramida untuk memuja Dewa Matahari di San Juan Teotihuakan.
            Setelah kebudayaan suku Maya menyurut,berkembanglah suku Indian Toltec.Sebagian dari para ahli pubakala menggolongkan suku bangsa ini sebagai penerus peradaban suku Maya.Meskipun Kerajaan Maya kini telah hancur dan lenyap,tetapi tidak dengan bangsanya.Sedikitnya terdapat empat juta orang suku bangsa Maya kini hidup di Meksiko dan Amerika Tengah.Kelompok terbesar adalah Yucatek,populasinya sekitar 300 ribu orang kini hidup di Semenanjung Yucatan,Meksiko

Daftar Pustaka:
Di balik pesona tujuh keajaiban dunia oleh Ruslan Feby Nurhayati penerbit ombak
blackfiles.mywapblog.com/peradaban-suku-maya-yang-hilang.xhtml (diambil tanggal 28 september 2013)



DITERBITKAN PADA 10/01/2013 04:25:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah PERADABAN dengan judul PERADABAN YANG TELAH HILANG. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/peradaban-yang-telah-hilang.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment