PERANG CINA DAN JEPANG

SRI OKTAVIANI/PIS

            Pada tahun 1905, Jepang yang berhasil mengalahkan Cina dan Rusia, serta menguasai Korea dan Formosa (Taiwan),telah menjadi Negara dengan militer terkuat di kawasan.Berkat bantuan para tenaga ahli asing,industry berkembang cepat di Jepang sejak tahun 1900-1925.Invetasi di bidang industry berasal dari pungutan pajak dari para petani.Selama masa depresi, pasar-pasar ini terpuruk dan produksi di banyak pabrik di Jepang menjadi terhenti.Disaat yang sama,Cina mulai mengklaim Manchuria, yaitu wilayah yang telah didominasi Jepang sejak 1905.
            Gencarnya pembangunan jaringan kereta api di Manchuria bagian selatan pada tahun 1931 membawa Jepang menduduki kota Mukden di Manchuria. Di kota ini, Jepang mendirikan Negara boneka yang disebut Manchukuo pada tahun 1932.Resminya negara ini diperintah oleh p'u-yi, kaisar Cina terakhir,tetapi sebenarnya dikendalikan oleh militer Jepang.
JEPANG MENGINVASI CINA
            Selama 1935-1936,sebagian wilayah Mongolia Dalam berada di bawah pengaruh Jepang. Di cina, berlanjut perang sipil antara kaum nasionalis dan komunis Cina. Pemimpin nasionalis Chiang kai shek, ditangkap oleh kaum komunis pada tahun 1936. Ia baru akan dibebaskan apabila setuju berhenti berperang dan bergabung melawan Jepang. Kedua kubu yang berseberangan ini bersekutu ketika Jepang melancarkan invasi besar-besaran ke Cina pada tahun 1937.
            Pasukan Jepang yang memiliki persenjataan lebih baik menyerang sejumlah kota Cina seperti: Tianjin, Beijing, dn Shanghai. Pembantaian atas 100.000 lebih penduduk Cina oleh Jepang di Nanjing (Nanking) membuat peristiwa ini disebut "perkosaan Nanking". Chiang kai Shek dan pemerintahan nasionalisnya dipindahkan ke Szechwan. Semenjak itu, Mao Zedong yang komunis masih mengontrol banyak bagian di Cina barat laut. Perang Cina –Jepang berlangsung sampai tahun 1945, ketika Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Daftar Pustaka:
ENSIKLOPEDIA SEJARAH DAN BUDAYA, 2009, sejarah dunia 5, penerbit Lentera Abadi, Jakarta.
id.wikipedia.org/wiki/Perang_Cina-Jepang_Kedua
id.wikipedia.org/wiki/Perang_Cina-Jepang



DITERBITKAN PADA 10/10/2013 07:18:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah CINA, JEPANG, PERANG dengan judul PERANG CINA DAN JEPANG. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/perang-cina-dan-jepang.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment