PERANG DUNIA I

CYNDI DWI RAHMADANI / PIS                       

            Perang ini terjadi karena adanya persaingan, permusuhan dan kecurigaan antara Prancis dan Jerman, Jerman dan Inggris, Rusia dan Austria. Sehingga membuat suasana di Eropa semakin tegang dan mendorong negara-negara yang terlibat untuk mencari sekutu. Maka terbentuklah persekutuan antara Rusia dan Prancis, Prancis dan Inggris, Jerman dan Austria.
            Salah satu penyebab memanasnya perang dunia 1 adalah dengan terbunuhnya putra mahkota Austria-Hongaria yaitu Frans Ferdinand. Ketika itu Ia sedang mengadakan perjalanan ke Serajevo, Balkan, pada tahun 1914. Austria yang mencurigai Serbia sebagai dalang pembunuhan tersebut mengirimkan ultimatum dan pengumuman perang kepada Serbia. Rusia yang merasa dirinya sebagai pelindung sesama rumpun bangsa Slav segera mengadakan mobilisasi umum. Jerman yang bersekutu dengan Austria menuntut agar Rusia menghentikan hal tersebut, dan meminta Prancis untuk tetap netral. Namun tuntutan itu tidak dihiraukan, akhirnya Jerman menyatakan perang kepada Rusia dan Prancis.
            Ketika Jerman menyerbu Belgia, Inggris segera mengirimkan ultimatum kepada Jerman. Hal ini terjadi karena inggris menganggap Belgia dan Belanda sebagai "halaman depan" negaranya dalam segi pertahanan. Namun tidak ada tanggapan dari pihak jerman, sehingga pada tanggal 4 Agustus 1914 Inggris mengumumkan perang kepada Jerman.
            Perang ini tidak hanya terjadi pada Benua Eropa dan sekitarnya, tetapi juga meluas ke Afrika, Asia dan Pasifik karena disana terdapat koloni-koloni Jerman. Tahun 1915 Jepang menyatakan perang kepada Jerman dan kemudian menduduki sejumlah pulau kecil milik Jerman di Pasifik.Koloni-koloni Jerman lainnya diserbu dan diduduki oleh pasukan-pasukan Afrika Selatan, Australia dan Inggris.
            Tahun 1917 pemerintah Jerman mulai memblokade Inggris dengan perang kapal selam. Dia mengatakan akan menenggelamkan semua kapal, baik milik musuh maupun kapal milik negara netral. Mendengar hal tersebut Amerika serikat ingin membantu Ingris, namun sebelum sampai di Eropa terjadi Revolusi Bolshevik di Rusia yang menyebabkan diadakannya perjanjian perdamaian terpisah antara Rusia dan Jerman. Dengan begitu Jerman bisa memusatkan segala kekuatannya pada front barat.
            Maret 1918 Jerman mengadakan serangan besar-besaran terhadap Inggris. Inggris membalas serangan tersebut dengan bantuan sekutu-sekutunya dan Amerika Serikat. November 1918 Jerman menyerah tanpa syarat.
            Perang dunia 1 berakhir pada tanggal 11 November 1918 dengan adanya kesepakatan penandatanganan peletakan senjata. Empat dinasti hadir dalam penandatanganan tersebut yaitu Hasburg, Romanov, Ottoman, dan Hohenzollem. Perang ini juga menjadi tonggak sejarah hancurnya orde dunia lama serta berakhirnya Monarki Absolutisme di Eropa.

DAFTAR PUSTAKA :
Samekto, S.S. , M.A. Ikhtisar Sejarah Bangsa Inggris. Penerbit PT SASTRA HUDAYA


DITERBITKAN PADA 10/08/2013 07:02:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah PERANG DUNIA dengan judul PERANG DUNIA I. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/perang-dunia-i.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment