PERANG TUJUH TAHUN (1756-1763)

SRI OKTAVIANI/PIS

            Pada abad ke-18, Austria, Prusia, Rusia, dan Prancis ingin menguasai Eropa. Ini adalah masalah yang belum terselesaikan sejak Perang Suksesi Austria, yang berakhir pada tahun 1748. Namun, tidak satu pun dari kekuatan Eropa yang cukup kuat untuk dapat meraihnya. Austria, Prancia, Swedia, Rusia, dan Spanyol menentang Prusia, Inggris, dan Hanover. Austria ingin merebut kembali Silesia dari tangan Prusia, sementara Inggris dan Prancis telah berperang memperebutkan wilayah jajahan di India dan Kanada.
            Peperangan dimulai pada tahun 1756 dan berlangsung selama tujuh tahun. Pda awal perang kelihatannya Austria dan Prancis akan menjadi pemenang. Inggris di bawah Perdana Mentri Pitt the Elder, bergabung dengan Prusia. Kemenangan Prusia pada tahun 1757 dalam pertempuran di Rossbach (melawan Prancis), Leuthen (melawan Rusia), dan Zorndorf (melawan Rusia), bersama dengan kemenangan Inggris atas Prancis di Plassey, India dan Quebec, Kanada, berhasil memulihkan perimbangan kekuatan.
PERANG BERAKHIR
            Pada tahun 1759, pasukan Inggris – Prusia mengalahkan pasukan Prancis di Minden, Jerman, sementara angkatan laut Inggris mengalahkan armada Prancis di teluk Quiberon. Pda tahun 1760, Inggris merebut Montreal, Kanada. Kemudian, pada tahun 1761, William Pitt the Elder dipaksa mundur karena kebijakannya tidak popular di mata politisi lainnya. Elizabeth, Tsarina Rusia, wafat pada tahun 1762. Tsar baru, Peter III, menarik Rusia keluar dari peperangan. Namun, itu tidak mengakhiri permusuhan. Yang sebenarnya menghentikan pertikaian adalah besarnya pengeluaran dan kehancuran bagi semua pihak ketika mereka kehabisan uang dan peralatan militer. Dalam perjanjian Paris pada 1763, disetujui bahwa Inggris mengambil alih wilayah Prancis di Kanada dan India, sementara Prusia tetap menguasai provinsi Silesia yang kaya.


Daftar Pustaka:
ENSIKLOPEDIA SEJARAH DAN BUDAYA, 2009, sejarah dunia 4, penerbit Lentera Abadi,Jakarta
id.wikipedia.org/wiki/Perang_Tujuh_Tahun
id.wikipedia.org/wiki/Perang_Tujuh_Tahun_(disambiguasi)



DITERBITKAN PADA 10/10/2013 07:18:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah PERANG dengan judul PERANG TUJUH TAHUN (1756-1763). Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/perang-tujuh-tahun-1756-1763.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment