PERJANJIAN RENVILLE

RAHMAT ARIFAN/PIS

Perjanjian renville merupakan usulan atas KTN ( komisi tiga negara ) tepat pada tanggal 8 Desember 1947 perjanjian tersbut dilaksanakan di kapal renviel yang sedang berlabuh di Jakarta. Wakil Indonesia dalam perjajian tersebut terdiri atas
perdana menteri Amir Syarifudin
Ali Sastroamijoyo
Dr. Tjoa Sik Len
Moh. Roem,
 Haji Agus Salim
Narsun
dan Ir. Juanda
sedangkan perwakilan Belanda terdiri dari:
 Abdulkadir Widjojoatmojo,
 Jhr. Van Vredeburgh
Dr. Soumukil,
 Pangran Kartanagara
dan Zulkarnain
yang mencengankan dalam perjanjian renville tersebut adalah Ternyata wakil-wakil Belanda hampir semua berasala dari bangsa Indonesia sendiri yang pro Belanda. Dengan demikian Belanda tetap melakukan politik adu domba agar Indonesia mudah dikuasainya sama seperti dahulu waktu pertama belanda datang ke indonesia
mulanya perundingan ini mengalami kebuntuhan akan tetapi KTN ( komisi tiga negaea) mengajukan usulan supaya masing-masing negara baik indonesia maupun belanda untuk berunding terlebih dahuku dengan KTN dari hasil perundingan itu KTN menyimpulkan bahwa perjanjian linggarjati dijadikan dasar dalam perjanjian selanjutnya.setelah memakan waktu yang cukup lama yaitu dari tanggal 8 Desember 1947 sampai dengan 17 Januari 1948 maka diperoleh kesepakatan sebagai berikut ini:
1.Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia samapi kedaulatan Indonesia diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat yang segera terbentuk.
2.Republik Indonesia Serikat mempunyai kedudukan yang sejajar dengan negara Belanda dalam uni Indonesia-Belanda.
3.Republik Indonesia akan menjadi negara bagian dari RIS
4.Sebelum RIS terbentuk, Belanda dapat menyerahkan sebagain kekuasaannya kepada pemerintahan federal sementara.
Perjanjian Renville yang ditandatangani oleh pihak indonesia dan belanda tepat pada tanggal 17 Januari 1948. Hasil dari perjanjian renville tersebut menyebabkan banyak kerugian dari pihak indonesia sendiri di antaranya :
1.Wilayah Republik Indonesia menjadi makin sempit dan dikururung oleh daerah-daerah kekuasaan belanda.
2.Timbulnya reaksi kekerasan dikalangan para pemimpin republic Indonesia yang mengakibatkan jatuhnya cabinet Amir Syarifuddin karena dianggap menjual negara kepada Belanda.
3.Perekonomian Indonesia diblokade secara ketata oleh Belanda
4.Indonesia terpaksa harus menarik mundur kesatuan-kesatuan militernya dari daerah-daerah gerilya untuk kemudian hijrah ke wilayah Republik Indonesia yang berdekatan.
5.dalam usaha menghancurkan kesatuan republik Indonesia, Belanda membentuk negara-negara boneka, seperti;
Negara Borneo Barat
 Negara Madura
 Negara Sumatera Timur
dan Negara jawa Timut

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga



DITERBITKAN PADA 10/05/2013 12:59:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah RENVILLE dengan judul PERJANJIAN RENVILLE . Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/perjanjian-renville.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment