PERKEMBANGAN GNB DAN PERAN INDONESIA

SRI OKTAVIANI/PIS

            Untuk meredakan ketegangan di antara dua blok pada tahun 1955 beberaapa Negara Asia Afrika mengikuti Konferensi Asia Afrika di Bandung. Demikian juga pada tahun 1956 negarawan Yugoslavia, Indonesia, dan India melakukan pertemuan di pulau Broini (Yugoslavia) yang mencetus Negara-negara Non Blok.
            Setelah  Perang Dunia II berakhir, muncul dua blok yang bersaing untuk memperebutkan pengaruh dunia Internasional.Blok Barat dipelopori oleh Amerika dengan paham liberalis-kapitalis dan Blok Timur dipelopori oleh Uni Soviet dengan paham komunis. Persaingan antara kedua Blok dikenal dengan nama "Perang Dingin".
1.      Latar Belakang Berdirinya Gerakan Non Blok
a.       Munculnya dua Blok. Blok Barat dan Blok Timur yang bersaing untuk memperebutkan pengaruh dunia Internasional.
b.      Adanya kecemasan Negara-negara yang baru saja mencapai kemerdekaannya.
c.       Adanya "Dokumen Brioni"yang merupakan pernyataan dari presiden Josep Broz tito (Yugoslavia). Dokuman tersebut memuat prinsip-prisip dasar untuk mempersatukan gerakan Non Blok.
d.      Adanya pertemuan lima negarawan Non Blok di markas  besar PBB dalam sidang umum PBB ke-15 tahun 1960.
e.       Terjadinya krisis kuba tahun 1961.krisis ini terjadi karena Uni Soviet membangun pangkalan rudal di Kuba secara besar-besaran.
2.      Tujuan Gerakan Non Blok
Tujuan gerakan Non Blok pertamanya adalah meredakan ketegangan dunia sebagai akibat pertentangan antara Blok Barat dan Blok Timur.Dalam perkembangannya tidak hanya terbatas pada usaha perdamaian saja, tetapi juga berkaitan dengan hak asasi manusia,ekonomi dan hubungan antar bangsa.
  
Daftar Pustaka:
IPS SEJARAH untuk SMP/MTs semester 2 kelas IX ,oleh:MATRA,penerbit Media Pressindo
sejarahindonesiaa.blogspot.com/.../perkembangan-gerakan-non-blok-gnb-dan.html - Cache - Mirip
www.slideshare.net/banarsoad/perkembangan-gerakan-non-blok




DITERBITKAN PADA 10/08/2013 07:06:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah GNB dengan judul PERKEMBANGAN GNB DAN PERAN INDONESIA. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/perkembangan-gnb-dan-peran-indonesia.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment