POLITIK PERDAGANGAN VOC

SRI OKTAVIANI/PIS

            Waktu VOC memulai kegiatannya di Indonesia menghadapi suatu dunia perdagangan internasional dengan system terbuka.Perdagangan rempah-rempah menempati kedudukan yang utama akan tetapi tidak terpisah dari perdagangan beras, sagu, kain dan komoditi lainnya.Dalam jaringan transaksi dan transportasi komoditi-komoditi di atas dengan teknologi navigasi dari zaman itu maka dua basis pemusatan perdagangan dan pelayaran ternyata mempunyai fungsi yang srategis sekali.
            Dalam menghadapi system itu maka VOC dalam usahanya menguasai perdagangan rempah-rempah, menduduki kedua basis itu.Semula VOC menghadapi kesulitan dalam usahanya menerobos system perdagangan yang berlaku.Dengan kontrak-kontrak ingin memperoleh monopoli namun selama tidak ada dukungan kekuatan politik, tidak dapat berjalan pelaksanaannya.
            Jalan radikal untuk merebut monopoli ialah melarang semua pengangkutan barang dagangan Portugis dengan kapal pribumi,semua ekspor rempah-rempah perlu dihentikan. Politik radikal lain yang dipertimbangkan ialah untuk mengendalikan dan membatasi perdagangan Asia seperti yang telah dijalankan bangsa-bangsa Asia dan Portugis sejak lama,namun hal itu terbentur  pada kelemahan angkutan VOC yang serba kekurangan awak-kapal, amunisi, dan kapal sehingga tidak dapat mengawasi dan memberlakukan sanksinya.
            Banten sebagai tetangga terdekat dari basis VOC di Batavia segera mengalami kemunduran yang disebabkan oleh politik monopoli VOC.Penetrasi VOC dalam jaringan perdagangan Indonesia dalam bagisn pertama abad XVII menghadapi juga persaingan Indonesia,seperti Gujarat, Keling, Benggali, dan Cina.Komoditi yang mereka kuasai ternyata mempunyai nilai-nilai tinggi di Indonesia maka haalhandel ternyata sangat menguntungkan, sering melebihi perdagangan rempah-rempahnya.Kedua jenis perdagangan tersebut terjalin erat satu sama lain sehingga politik monopoli VOC dalam rempah-rempah mau tak mau diperluas mencakup komoditi-komoditi dari perdagangan Asia.

Daftar Pustaka:
Pengantar Sejarah Indonesia Baru 1500-1900 Dari Emporium sampai Imperium jilid 1, oleh Sartono Kartodirdjo, penerbit:PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
muhshofii.blogspot.com/2011/11/politik-perdagangan-voc.html(diambil tanggal 8 oktober 2013)



DITERBITKAN PADA 10/08/2013 07:10:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah VOC dengan judul POLITIK PERDAGANGAN VOC. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/politik-perdagangan-voc.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment