REPUBLIK RAKYAT CINA

RAHMAT ARIFAN/PIS

Setelah berakhir nya perang dunia II,banyak bermunculan negara-negara baru baik yang terdapat di kawasan asia maupun yang berada dikawasan afrika,negara-negara yang muncul setelah perang dunia II merupakan negara yng mampu membebaskan diri dari kekuasaan bangsa asing di negara nya. Negara-negara yang lahir di kawasan asia setelah perang dunia II antara lain yaitu
Republik rakyat cina                      kamboja
Republik rakyat korea selatan         pakistan
Malaysia                                      thailand
Singapura                                     pakistan
Vietnam                                       sri lanka
Laos
Setelah perang dunia II beakhir cina muncul sebagai negara yang besar dan menjadi salahsatu dari the big five (uni soviet,amerika serikat,inggris,prancis dan cina). Yang dimaksud adalah cina yang di pimpin oleh presiden chiang kai shek yaitu cina nasionalis,setelah menjadi salahsatu negara yang besar terjadi persaingan di dalam pemerintahan negara cina yaitu antara golongan komunis (kung chang tang) dengan golongan nasionalis (kuo ming tang).
Kedua golongan ini memiliki pandangan yang sangat berbeda jauh,walaupun usaha perundingan terus dilakukan untuk menghindari pertikaian namun tidak ada hasilnya dan pada akhirnya perang pun meletus dicina pada tahun 1946.
Pada awalnya pemerintahan nasionalis yang di pimpin oleh chiang kai shek mampu mengendalikan keadaan,akan tetapi setelah golongan kung chang tang mulai melakukan serangan balasan terhadap gololng kuo ming tang terlihat bertapah lemahnya tentara kuo tang ming. Dan akhirnya pada bulan april 1949 golong komunis yang di pimpin oleh mao tse tung berhasil mengusir golongan nasionalis yang di pimpin oleh chiang kai shek beserta pengikut-pengikutnya keluar dari cina dan pengungsi di pulau taiwan hingga sekarang.
Setelah seluruh cina berhasil dikuasai oleh komunis,mao tse tung pun memproklamasikan bedirihnya republik rakyat cina (RRC) dengan beijing sebagai ibu kotanya,hal tersebut langsung di akui oleh negara uni soviet dan negara-negara komunis lainya.
Sementara itu amerika serikat tidak mau mengakui pemerintahan cina yang di pimpin oleh mao tse tung,sebaliknya malah mengakui pemerintahan nasionalis yang di pimpin oleh chiang kai shek di taiwan. Amerika serikat juga menentang kehadiran republik rakyat cina di PBB.

DAFTAR PUSTAKA
LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI
  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga



DITERBITKAN PADA 10/01/2013 04:28:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah RRC dengan judul REPUBLIK RAKYAT CINA. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/republik-rakyat-cina.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment