REVOLUSI INDUSTRI

SRI OKTAVIANI/PIS

            Selama abad ke-18, banyak penduduk Inggris bekerja di rumah, umumnya membuat barang dengan tangan. Sektor pertanian dan perkebunana hanya menghasilkan produk tangan untuk dikonsumsi sindiri. Pada pertengahan abad ke-19, semuanya berubah. Banyak penduduk Inggris mulai tinggal di kota dan bekerja di pabrik besar atau took, kantor jarinangan kereta api, dan bisnis lain yang didesain untuk melayani kebutuhan penduduk yang hidup di pusat industry.
            Sebagai pelopor penemu di dunia, para penemu Inggris selanjutnya mengembangkan mesin revolusioner baru yang menggantikan pekerjaan yang masih dijalankan secara tradisional seperti pemintalan dan penenunan. Mesin juga digunakan untuk membuat besi dan baja. Logam-logam ini lalu digunakan untuk membuat lebih banyak mesin, senjata, dan peralatan lainnya.
            Perubahan dipicu oleh 4 faktor utama yaitu:
1.      Penambangan batu bara
2.      Jarinagn Kanal
3.      Modal (uang)
4.      Tenaga Kerja yang murah
LONJAKAN BISNIS
            Sejumlah penambangan batu bara yang dibuka untuk memasok energy bagi mesin uap dan kokas untuk pengolahan besi. Pada pertengahan abad ke-19, jalur kanal dan kereta api telah terhubung ke  seluruh kota industry utama. Mesin-mesin baru memproduksi barang lebih cepay dan murah. Banyak penduduk bekerja di pabrik dan tambang yang keras dan berbahaya.
            Banyak pekerja tewas dan terluka akibat mesin-mesin yang tidak aman. Ini terjadi sebelum dibuat aturan keselamatan kerja. Kemudian undang-undang untuk memperpendek jamkerja dan melarang pekerja anak-anak mulai dibuat. Daerah kumuh dibersihkan dan undang-undang baru di buat untuk mengawasi pengelolahan pabrik dan perumahan.

Daftar Pustaka:
ENSIKLOPIDIA SEJARAH DAN BUDAYA,2009, sejarah dunia 4, penerbit: Lentera Abadi, Jakarta
id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri
www.geraidinar.com/index.../1308-revolusi-industri-berikutnya



DITERBITKAN PADA 10/10/2013 07:17:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah REVOLUSI INDUSTRI dengan judul REVOLUSI INDUSTRI. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/revolusi-industri.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment