TASMANIA

SRI OKTAVIANI/PIS

            Tasmania adalah sebuah negara bagian Australia. Beribukota di Hobart, negara bagian ini memiliki luas wilayah daratan 22.357 km² dan populasi 484.700 jiwa (2005). Letaknya 200 km di sebelah selatan Australia Daratan, dengan Selat Bass sebagai pemisah. Negara bagian ini juga mengelola Pulau Macquarie.
Sampai tahun 1855 Tasmania masih disebut Van Diemen's Land sesuai dengan nama yang diberikan oleh Abel Tasman.Pemukiman di daerah pantai utara Tasmania akhirnya berpusat di Launceston (1806). Sejarah Tasmania merupakan sejarah dari penal settlement yang sistem pengawasannya sama dengan sistem pengawasan di New South Wales pada saat berdirinya. Masyarakatnya merupakan campuran penduduk bebas (free settles) dengan narapidana (convicts). Ketika pemukiman di pulau Norfolk ditinggalkan, banyak penduduk bebas dari pulau itu  pindah ke Tasmania, namun dalam waktu yang bersamaan banyak juga narapidana yang masuk.
Sementara itu semakin banyak imigran bebas yang masuk ke New South Wales mendorong gubernur koloni untuk mengirimkan narapidana yang paling buruk ke tempat yang paling jauh dari Sydney yaitu ke Tasmania. Atas dasar itulah pada tahun 1822 dibuka penjara khusus di Macquarie Harbour, di pantai barat pulau Tasmania.
Letnan gubernur pertama yang berkuasa di Tasmania adalah kolonel Davey (1813-1817). Ia adalah seorang perwira angkatan laut yang ikut bersama Nelson dalam pertempuran di Trafalgar. Dalam kepemimpinan Davey ia berhasil memajukan Tasmania bahkan hasil pertaniannya dikirim ke Sydney. Sayang sekali Davey bersifat kasar dan kurang disiplin sehingga pemerintahannya merosot. Selain itu banyak narapidana yang merikan diri Karena lemahnya pengawasan.
Kemudian Davey digantikan oleh colonel William Sorell, perwira dari resimen ke-48. Ia adalah seorang yang hebat, seorang administrator yang mengagumkan. Selama pemerintahannya dari tahun 1817-1824, Sorell berusaha memajukan Tasmania. Pada masa pemerintahannya dibangun jalan yang menghubungkan Hobart dan Launceston.
Sorell merupakan letnan gubernur terakhir yang memerintah Tasmania sebagai bagian dari New South Wales. Pada tahun 1824 Sorell digantikan oleh colonel George Arthur. Setahun kemudian 1825 parlemen inggris mengeluarkan suatu undang-undang yang memisahkan Tasmania dari New South Wales. Selama ini Tasmania dipandang sebagai tempat penampungan narapidana yang dianggap paling buruk tingkah lakunya menjadi tempat yang lebih baik. Semua narapidana yang dulu buruk pengawasannya sekarang narapidana itu lebih diperhatikan.
Pada tahun 1855 Tasmania mulai melaksanakan pemerintahan sendiri dan secara resmi mengubah namanya dari Van Diemn's land. Pada tahun 1860an Tasmania sempat mengalami kemunduran ekonomi. Akan tetapi pada decade berikutnya terjadi penemuan-penemuan penting atas tembaga, perak dan barang-barang mineral lainnya. Sejalan dengan perkembangan pertambangan itu, dibangun juga jaringan jalan kereta api sebagai sarana pengangkutan dalam rangka pengapalannya di pelabuhan.Untuk selanjutnya Tasmania terkenal sebagai The Apple Isle.

Daftar Pustaka:
Sejarah Australia Drs.j.Siboro penerbit Tarsito bandung
id.wikipedia.org/wiki/Tasmania(diambil tanggal 30 september 2013)




DITERBITKAN PADA 10/01/2013 04:24:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah TASMANIA dengan judul TASMANIA. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/tasmania.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment