TUGU MONAS

AINUN SYARIFATUL ALFIAH/PIS

Monumen nasional atau sering di sebut monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter.Yang di dirikan untuk mengenang perlawanan dan prjuangan rakyat indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah kolonial hindia belanda.pembangunan monumen ini di mulai pada tanggal 17 agustus 1961 di bawah perintah presiden sukarno,dan di buka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975.tugu ini di mahkotai lidah api yang di lapisi lembaran emas yang melambangkansemangat perjuangan yang berkobar-kobar.monumen ini terletak tepat pada lapangan medan merdeka,jakarta pusat.
SEJARAH
 Pada tanggal 17 agustus 1945 sebuah komite nasional di bentuk dan sayembara perancangan monumen nasional di gelar pada tahun 1955. Terdapat 51 karya yang masuk, namun, hanya satu karya yang masuk dan yang di buat oleh Frederich Silaban yang memenuhi kriteria yang di tentukan komite, antara lain menggambarkan karakter bangsa indonesia dan dapat bertahan selama berabad-abad. Sayembara kedua di adakan pada tahun 1960 namun tidak ada satu pun dari 136 peserta yang memenuhi kriteria. Ketua juri kemudian meminta silaban untuk menunjukan rancaganya kepada soekarno, akan tetapi soekarno kurang menyukai rancangan itu dan dia menginginkan berbentuk lingga dan yoni. Silaban kemudian di suruh untuk merancang  monumen dengan tema itu, namun demikian rancangan yang di ajukan silaban terlalu luar biasa sehingga biayanya sangat besar dan tidak mampu di tanggung oleh anggaran negara, apa lagi kondisi perekonomian yang sangat buruk. Sokarno kemudian meminta arsitek R.M Soedarsono untuk melanjutkan rancangan itu. Sodarsono memasukan angaka 17,8 dan 45, melambagkan 17 agustus 1945 memulai proklamasi kemerdekaan indonesia, ke dalam rancangan monumen nasional itu, tugu ini kemudian di bangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini di rancang oleh Friedrich Silaban dan R.M. Soedarsono tanggal 17 agustus 1961..pembagunan ini bertujuan mengenang perjuangan bangsa indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945.agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.

Daftar pustaka:
 Wiharsono,wawan.tanpa tahun.pendidikan kewarganegaraan untuk smp dan mts berdasarkan ktsp.jakarta:penerbit prima pustaka.
Tim abdi guru.2006.pendidikan kewarganegaraan untuk smp kelas VII.jakarta:penerbit erlangga


DITERBITKAN PADA 10/03/2013 10:54:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah MONAS dengan judul TUGU MONAS. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2013/10/tugu-monas.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment