Kisah Raden Patah

Kisah Raden Patah
H.UKAJAAN    Majapahit   terakhir dikuasai oleh raja Breng wirabumi. Kerajaan ini akhirnya
mempunyai nama yang    termasyhur karenamampu mempersatuikan seluruh nusantara yang semakin kacau. Raja sebelumnya lebih banyak mementingkan diri sendiri, suka berfoya - foya dehgan p.ara pembesar kerajaan. Sering berbuat hal - hal di luar batas kesopanan, sedangkan agama Hindu yang dianutnya telah menyimpang darl ajaran
•aslinya.
.<• Suatu ketika di pantai sudah .toanyak berlabuh perahu para rpedagang dari negara Arab. iSalah seorang dari mereka itu toernama Malik Ibrahim. Dia .meminta izin untuk tinggal di .pantai yang masih termasuk daerah Majapahit.
.'• Raja Brengwirabumi menge-tahui bahwa orang Arab ini ber-.agama Islam. Malik Ibrahim di-.izinkan tinggal di pantai dengan ketentuan tidak boleh memasuki pedalaman, maksudnya untuk menjaga supaya kerajaan Majapahit tidak dipengaruhi oleh =agama baru itu.
1 Pada suatu hari Brengwirabumi kedatangan seorang tamu, masih muda. Melihat pakaian-
•hya, pemuda itu seperti orang elari luar Jawa. Pemuda itu mem-'perkenalkan dirinya. Dia ber-hama Raden Patah. 1 Setelah Brengwirabumi men-dengar nama dan asal pemuda itu, dia teringat akan peristiwa lama yang pernah terjadi di kerajaan Majapahit seperti yang pernah diceritakan oleh ibundanya. Dia mempunyai saudara ber-lainan ibu satu ayah. Suatu ketika nanti kemungkinan akan datang ke Majapahit.
Raden Patah diterima di kerajaan dengan penghormatan ,penuh keramah - tamahan dan jditempatkan di suatu tempat penerimaan tamu. Brengwira-4?umi mendekati para sesepuh kerajaan. Ingin mengetahui siapa gerangan Raden Patah itu. •Namun hatinya berkata, inikah ;Saudaraku itu?
Kerajaan Majapahit telah di-Jkenal di seluruh kawasan negeri ;Timur, sehingga banyak para ;raja di Timur ingin berhubungan untuk mempererat tali persauda-;raan. Begitulah yang terjadi dengan raja dari kerajaan Cam-pa. Seorang putrinya dikirim ke Rerajaan Majapahit untuk diper-kenalkan kepada Raja Majapa-'hit. Maksudnya agar Raja Maja-
•- pahit mau menjadikan istrinya ;- dengan begitu mereka bisa mem-J pererat tali persahabatan.
Sebenarnya tidak akan terjadi "    persoalankalaupermaisuri tidak
- meninggal dunia. Dengan me-} ninggalnya permaisuri, maka 1 para selir saling berebut mende-1 kati sang raja.
Putri Campa yang sederhana :    itu tidak berbuat seperti yang 1    lainnya.  Melihat hal  ini, para 1    selir pun menjadi marah. Akhir-1    nya   mereka   memfitnah   Putri Campa. Fitnahan ini termakan oleh raja,  lalu memerintahkan agar Putri Campa diusir dan di-kembalikan ke negerinya.  Wa-laupun putri itu sedang hamil tua dan menunggu kelahiran bayi-nya,  perintah tetap dilaksana-kan.
Dalam perjalanan pulang, Putri Campa merasakan sudah waktunya untuk melahirkan putranya, maka dia pun meminta untuk berhenti di sebuah daerah. Ternyata daerah itu adalah Pa-lembang, sedangkan Aria Damar sebagai Kepala Negeri sudah menganut agama Islam waktu itu, djsebabkan pengaruh dari tanah saniudera Pasai dan Aceh. RadenPatah anakPutri Campa yang sudah dewasa lalu bertanya kepada ibunya, siapakah sebe-narnya ayahnya itu? Setelah mengetahui bahwa ia masih ke-turunan Majapahit, ia pun ingin untuk mengunjungi Majapaliit. Hanya dengan bekal iman Raden Patah pun pergilah ke tanah Jawa.
Kehadiran Raden Patah meru-pakan bahaya bagi Majapahit. Sang Raja memberikan daerah pesisir yang jauh dari kerajaan ,-Majapahit kepada Raden Patah karena Raden Patah menganut agama Islam.
Raden Patah bersama para wali membuka hutan belantara untuk dijadikan sebuah kota. Sunan Kalijaga menganjurkan kota itu diberi nama Demak Bin-tara.
Brengwirabumi melihat Raden Pa|;ah membangun kota Demak, merasa dirinya teran-cam, lalu Brengwirabumi tanpa alasan mengerahkan tentaranya. la masih percaya akan kekuatan Majapahit.
Melihat gelagat itu, Raden Patah berpikir, dan dia merasakan dirinya tidak bersalah. Lalu Raden Patah mempersiapkan para santri. Para santri ini sebe-narnya bukanlah teritara. Atas anjuran Sunan Kalijaga, sebaik-
nya Raden Patah menyongsong tentara Brengwirabumi ke luar kota Demak.
Ini adalah taktik Nabi Muhammad. Dengan taktik yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad, yaitu se waktu akan menaklukkan Mekkah, tentara disebar ke beberapa penjuru dengan pimpinan seorang ko-
mandan. Dengan demikian keli-hatan menjadi banyak. Karena hawa dingin, penghuni setiap kemah membuat api unggun.
Hal seperti itu, dilakukan oleh Raden Patah. Brengwirabumi bersama pasukannya melihat semua kenyataan itu, dan mereka berpikir alangkah hebatnya ten-itara Raden Patah. Brengwira-jbumi merasa tidak akan kuat jmelawan tentara Raden Patah, maka dia pun melarikan diri ke Timur. Sedangkan Raden Patah bersama para santrinya yang hanya bermodalkan iman, terus maju sampai ke pusat kerajaan Majapahit.
Akhirnya Raden Patah mem-boyong semua pasukan Kerajaan Majapahit dan kernbali ke De-hiak, membiarkan Brengwirabumi menyingkir sampai ke Timur. Kemudian Raden Patah diangkat sebagai raja. Inilah kerajaan Islam pertama di pulau Jawa.***
Diceritakan     kembali     oleh : Roesli Lahani Yunus.

DITERBITKAN PADA 6/03/2014 08:11:00 PM


dan Anda sedang membaca makalah KISAH, Kisah Tauladan, kisah teladan, Raden Patah dengan judul Kisah Raden Patah. Anda bisa bookmark Website Ajaran Agama Islam ini dengan URL http://islam.infoberguna.com/2014/06/kisah-raden-patah.html. See you.... :-) Ajaran Agama Islam

0 blogger-facebook:

Post a Comment