Wednesday, February 13, 2013

Menstruasi/haid adalah peristiwa keluarnya darah dari rahim. Beberapa penyebab menstruasi atau haid yang tidak teratur, dengan cara yang alami kita dapat melakukan pengobatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah agar menstruasi bisa kembali normal. Ada beberapa resep herbal yang perlu dilakukan:

Beberapa Pengobatan Alami Untuk Melancarkan Menstruasi
•    Mengkonsumsi rempah-rempah
Agar proses sirkulasi darah dapat berjalan dengan lancar , rempah-rempah Indonesia sangat cocok karena khasiatnya yang hangat  mampu melancarkan sirkulasi darah. Seperti tumbukan rempah-rempah berikut ini: daun teh, ketumbar dan jahe. Tetapi jika tidak kuat dengan aroma yang begitu menyengat, mak bisa dicampur lemon, madu dan susu.
•    Lakukan Diet
Proses menstruasi yang tidak alami bisa juga disebabkan karena kelebihan  berat badan yang menyebabkan hormone menjadi terganggu. Diet yang alami juga bisa digunakan sebagai alternatif  untuk menjadikan menstruasi menjadi lebih teratur. Hindari makanan yang bersifat pedas , manis , cokelat dan macam-macam gorengan. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi rokok, kafein, dan alcohol.
•    Konsumsi biji adas dan jahe
Jahe jika diminum secara teratur dengan campuran madu sekali dalam dua hari akan mampu membantu melancarkan sirkulasi menstruasi anda. Jika anda tidak suka mengkonsumsi jahe anda bisa menggantinya dengan biji adas agar menstruasi menjadi teratur.
•    Mengkonsumsi jus peterseli
Peterseli jika dikonsumsi satu kali sehari dipercaya mampu mengatasi sirkulasi menstruasi yang tidak lancar. Dengan cara ditumbuk dan diambil airnya sebagai jus.

Hal penting yang harus diperhatikan agar sirkulasi darah bisa menjadi lancar antara lain:
1.    Mengatur pola makan yang seimbang dengan kandungan 4 sehat dan 5 sempurna.
2.    Istirahat dengan cukup, banyak-banyak beribadah untuk menghilangkan stress.
3.    Lakukan olahraga secar rutin yang berskala ringan.
4.    Jangan terlalu sering mengangkat beban yang cukup berat.
5.    Dan jangan lupa banyak-banyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Ciri-ciri menstruasi yang normal:
1.    Menstruasi yang normal harus berulang setiap 25-35 hari.
2.    Perhatikan lamanya menstruasi, jika lebih dari 14 hari itu bukan darah menstruasi lagi, melainkan darah penyakit.
3.    Adanya rasa nyeri diperut bagian bawah yang muncul akibat rahim yang sedang berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi.



EmoticonEmoticon