Wednesday, March 27, 2013



Anda pengguna sistem operasi Windows, pernahkah memperhatikan Windows versi apakah yang digunakan? apakah Windows 32 Bit atau Windows 64 Bit?. Mungkin sebagian besar dari kita tidak terlalu ambil pusing dengan hal-hal yang demikian, yang penting komputernya bisa digunakan dan tidak hang apalagi lalod (lambat loading).

Terdapat perbedaan besar antara Windows 32 bit dan Windows 64 Bit. Kata “bit” sendiri mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 dan 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Berikut ini perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat berbeda-beda. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasinya.

Cara mengetahui apakah komputer yang anda gunakan 32 Bit atau 64 Bit yaitu, klik kanan pada icon my computer kemudian pilih properties, maka akan muncul informasi mengenai tipe sistem yang anda pakai. Jika komputer sobat menggunakan operasi sistem Windows XP, caranya yaitu Klik Start, kemudian Klik kanan My Computer, lalu klik Properties. Jika Anda tidak melihat "x64 Edition" terdaftar, maka Anda menjalankan versi 32-bit Windows XP. Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, Anda menjalankan versi 64-bit Windows XP.




Pada dasarnya windows dengan sistem 64 bit jauh lebih baik dari 32 bit, jika dilihat dari segi kualitas 64 bit support untuk spek tinggi agar kinerja komputer dapat berjalan dengan baik.

Jadi Windows apakah yang anda gunakan??, klo saya sih yang konvensional aja, 32 bit hehehe


EmoticonEmoticon