Wednesday, April 24, 2013

sitelink


Blogger mana yang tidak senang jika mendapat sitelink dari search engine sekelas Google. Sitelink adalah daftar link yang muncul di bawah url utama blog kita ketika url tersebut muncul di halaman hasil pencarian search engine. Tidak mudah untuk mendapatkan sitelink google, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi sebuah blog dan itu semua tergantung dari kerja keras si pemilik blog alias blogger.

Manfaat Sitelink
Sebelum membahas cara mendapatkan sitelink Google, ada baiknya mengetahui manfaat apa yang diperoleh dengan adanya sitelink tersebut. Beberapa manfaatnya antara lain:
  1. Kemudahan Akses Bagi Pengunjung. Jika ada pengunjung yang mengetikkan nama blog anda di search engine, dan kemudian muncul blog anda beserta sitelinknya maka pengunjung tersebut akan mengetahui beberapa daftar link yang mengarah di blog. Daftar link tersebutlah yang akan menjadi shortcut dan akan memberikan kemudahan bagi pembaca yang akan langsung membuka halaman tertentu di dalam blog anda.
  2. Blog Menjadi Terkenal Dimata Search Engine. Yaa dengan adanya sitelink akan mempermudah googlebot merayapi blog anda.
  3. Trafik Yang Meningkat. Jika blog mendapatkan sitelink, besar kemungkinan akan mudah menempati urutan pertama dalam SERP Google.
Cara Mendapatkan Sitelink
Seperti yang dikatakan sebelumnya, perlu usaha dan kerja keras untuk bisa mendapatkan sitelink Google. Beberapa hal dasar yang harus dilakukan antara lain :
  1. Siapkan konten original dan berkualitas. Buatlah konten yang ramai dibicarakan atau banyak dicari. 
  2. Rajin-rajin blogwalking dan berkomentar diblog lain. Tujuannya agar blog anda juga bisa ramai dengan komentar. Blog yang ramai dengan komentar tentunya akan mendapat penilaiai khusus dari Search Engine Google.
  3. Atur tata letak atau tampilan blog dengan rapi, hal ini untuk memberi kenyamana bagi pengunjung
  4. Pastikan meta tag deskripsi dan meta keyword sesuai dengan niche blog anda.
Setelah itu silakan masuk di webmaster tools klik link ini https://www.google.com/webmasters/tools, kemudian pilih blog anda lalu klik Kelola Situs --> Tambahkan atau Hapus pengguna

cara mendapatkan sitelink google


Selanjutnya klik kelola pemilik situs

cara mendapatkan sitelink google


Di tampilan berikutnya, klik verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda

cara mendapatkan sitelink google


Akan muncul sejumlah metode verifikasi yang bisa anda gunakan, pilihlah Tag Html lalu copykan meta tag yang muncul di blog anda pada bagian tag head, sebelum tag body pertama. Setelah itu klik tombol verifikasi.

proses verifikasi

Itu tadi cara mendapatkan sitelink google. Anda hanya perlu menunggu sampai Google meng-approve permintaan anda. Semoga berhasil kawan


EmoticonEmoticon