Saturday, April 20, 2013

Cara Terbaik Meningkatkan Trafik Blog


Meningkatkan trafik blog bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam sehari dua hari. Ada proses panjang yang mesti dilalui. Mungkin anda sering menemukan artikel berjudul cara cepat meningkatkan trafik blog, atau berjudul cara praktis menambah trafik, dan judul yang menarik lainnya. Tapi berdasarkan pengalaman saya, meningkatkan trafik blog adalah hal yang sulit untuk dilakukan khususnya bagi blogger pemula yang masih miskin ilmu SEO.

Blog dapat diibaratkan seperti sebuah toko yang menawarkan produk. Manakala produk yang ditawarkan berkualitas dan banyak dicari, maka bisa dipastikan pengunjung akan datang dan membeli produk di toko tersebut. Lalu produk apa yang harus dimiliki sebuah blog? Jika toko menawarkan produk berupa barang, maka blog menawarkan produk berupa konten atau informasi. Setiap blog pastilah memiliki tema atau niche. Ini adalah hal terpenting yang perlu dimiliki setiap blog agar anda bisa mendapatkan pengunjung setia. Ingat, pengunjung setia lebih menjanjikan ketimbang pengunjung yang hanya sekali berkunjung di blog anda.

Dari tadi bicara panjang lebar, yaa semoga bermanfaat kawan. Lalu gimana cara terbaik agar mendapat trafik yang melimpah? Berikut saya utarakan berdasarkan pengalaman dan membaca dari berbagai sumber.

  1. Konten Original. Hal pertama inilah yang harus anda siapkan. buatlah artikel original dan tentunya sesuai dengan tema blog anda. Tugas utama seorang blogger adalah menulis, jadi latihlah diri anda setiap saat dengan menulis artikel yang bagus dan bukan hasil copy paste dari blog lain.
  2. Bertukar link. jalinlah hubungan dengan blogger lain, dan lakukan pertukaran link dengan blogger yang memiliki tema (niche) yang sama. Search Engine sekelas Google menyukai adanya pertukaran link antar blog yang satu tema.
  3. Blogwalking. Aktivitas yang satu ini wajib dilakukan oleh setiap blogger yaitu dengan membaca artikel diblog teman dan memberikan satu komentar. Dengan blogwalking maka akan terjadi hubungan timbal balik yang saling menguntungkan keduanya. 
  4. Memanfaatkan Sosial Bookmarking dan Sosial Networking. Publish artikel anda di beberapa situs sosial bookmarking seperti InfoGue dan LintasMe. Anda bisa melakukannya pada saat ada artikel baru. Jangan lupa manfaatkan juga situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Khusus untuk facebook, saya sarankan bergabunglah di beberapa grup yang memiliki banyak anggota dan tentunya ada hubungan dengan tema blog anda. Kan ngga lucu anda pasang url mengenai gadget di grup resep masakan. hehehe
  5. Promosi Secara Offline. Kalau untuk yang satu ini memang membutuhkan modal yang lumayan. Tapi jika kalian serius dalam blogging, cara ini wajib juga dilakukan. Buatlah stiker bertuliskan nama dan alamat blog anda kemudian bagi-bagikan secara gratis atau pasang di tempat-tempat yang strategis. Saya yakin anda lebih cerdas untuk hal yang satu ini.
  6. Bayar Blogger Untuk Review Blog Anda. Cara ini masih terbilang baru bagi sebagian blogger. Cari dan temukan blogger yang bisa diajak kerjasama untuk mereview blog anda di salah satu artikelnya, untuk masalah bayaran, itu sesuai dengan kesepakatan berdua.
Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, tapi yang menurut saya yang cukup berbobot adalah keenam yang disebutkan diatas. Lakukan dengan kesabaran dan keyakinan.

Selamat mencoba ... 
Jika ingin menambahkan, silakan langsung di kotak komentar.


EmoticonEmoticon