Saturday, May 4, 2013

permalink


Pernahkah anda menjumpai url artikel yang terpotong karena judul yang terlalu panjang? Mengapa url tersebut terpotong? Search Engine Google sudah menetapkan jumlah judul posting yakni 5-6 kata, karena itu sangat penting bagi seorang blogger untuk bisa menyiasati hal seperti ini, bisa dengan memperpendek judul artikelnya atau dengan menggunakan permalink.

Setelah saya periksa di blog pribadi saya, ternyata ada satu artikel yang terpotong urlnya. yakni mengubah tampilan android menjadi jelly bean, terpotong menjadi mengubah tampilan android menjadi. Hal ini tentu merugikan, karena itu berarti keyword yang menjadi target akan sulit didapat.

url blog fukumitsu

Lalu bagaimana mengatasi hal seperti ini? Yaitu dengan menggunakan permanent link (permalink), permalink menurut wikipedia adalah url yang menunjuk ke suatu blog atau forum tertentu masuk setelah berlalu dari halaman depan ke arsip. Karena Permalink tetap tidak berubah tanpa batas waktu, sehingga tidak akan mengalami yang namanya link kadaluwarsa. Di platform berbasis blogspot, fungsi permalink dapat digunakan dengan mudah. Sebelum artikel anda di publikasikan, lihat sebelah kiri dan klik menu link (bergambar rantai).

menu permalink

Di sana ada dua pilihan yaitu, tautan permanen otomatis dan tautan permanen khusus. Pilih yang tautan permanen khusus atau custom permalink dan kemudian tulis judul yang Anda kehendaki. Caranya, tulislah judul dengan memakai tanda garis penghubung (-) sebagai pengganti spasi, akhiri dengan klik selesai / done.

menu pilihan di permalink

Kini url artikel anda tidak akan terpotong lagi, dan target kata kunci bisa dicapai dengan mudah. Selamat mencoba. Jika ingin menambahkan, silakan berkomentar dibawah artikel ini.


EmoticonEmoticon