Thursday, May 2, 2013

Bismillahirrohmanirrohim...

Kali ini -insya Allah- Hikmah Kata akan memposting mengenai peperangan yang terjadi sebelum fathu Mekkah. Semoga makalah sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Masyarakat kafir Quraisy rupanya tidak senang atas keberhasilan Nabi Muhammad saw. berdakwah di kota Madinah. Untuk itu, mereka terus menyusun kekuatan dan persekutuan untuk melemahkan kekuatan umat Islam di bawah kepemimpinan Nabi Muhammad saw. Mereka menyusun kekuatan yang besar untuk menghancurkan umat Islam di kota Madinah.

Melihat semakin kerasnya keinginan masyarakat kafir Quraisy tersebut, akhirnya Nabi juga menyusun kekuatan untuk mengimbangi kekuatan yang dimiliki kafir Quraisy meskipun tidak sebanding banyaknya. Tetapi hal ini menunjukkan telah adanya perbenturan fisik antara umat Islam dengan kafir Quraisy. Kekuatan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad saw. ini semata bertujuan untuk mempertahankan diri dari serangan kafir Quraisy dan bukan untuk memerangi mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, turunlah wahyu yang membolehkan umat Islam untuk mempertahankan diri dan agama Islam yang mereka yakini dari serangan kafir Quraisy dan sekutu Yahudinya di Madinah. Wahyu tersebut berbunyi:

اُذِنَ لِلَّذِيْنَ يُقَاتَلُوْنَ بِاَنَّهُمْ ظُلِمُوْا وَاِنَّ اللهَ عَلَى نَصْرِهِمْ لَقَدِيْرٌ - الحج

Artinya: "Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka tela dianiaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuasa menolong mereka." (Q.S. al-Hajj: 39).
Peperangan Sebelum Fathu Mekkah
Illustration from image Google
Ayat tersebut tidak berarti bahwa Islam menganjurkan kepada umatnya untuk menggunakan kekuatan angkatan perang, terutama untuk dakwah Islam. Karena sesungguhnya Islam tersebar dengan cara-cara damai melalui budi pekerti yang mulia.

Menurut para ahli sejarah, Nabi Muhammad saw. pernah mengikuti peperangan sebanyak 27 kali. Peperangan yang diikuti Nabi Muhammad saw. disebut Ghazwah, sementara peperangan yang tidak diikuti Nabi disebut Saraya. Peperangan ini terjadi sebanyak 38 kali. Di antara peperangan penting yang pernah diikuti Nabi Muhammad saw. adalah perang Badar, perang Uhud, dan perang Khandak.

Semoga bermanfaat dan kesempurnaan hanyalah milik Allah swt.

*) Dari berbagai sumber.


EmoticonEmoticon