Wednesday, July 10, 2013




Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi oleh berkah yang berlimpah yang khusus diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang mau bertakwa kepada_Nya. Dimana pada bulan ini akan diberikan kelimpahan rahmat, magfirah serta ampunan. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, dimana Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Awal bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah dan akhirnya Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)”.

Insya Allah beberapa hari lagi kita semua memasuki bulan suci Ramadhan. Untuk itu sangat perlu kita ketahui hal-hal yang dapat membatalkan puasa, agar kita tidak menjadi orang yang merugi, berpuasa tetapi hanya mendapatkan haus dan laparnya saja.


“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya melainkan hanya rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy)
__________________________________________________________________________

Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

1. Murtad atau keluar dari Islam

2. Makan dan minum di siang hari. Yang ini pasti sudah jelas kan, kecuali dilakukan dengan tidak sengaja maka tidak membatalkan puasa.

3. Berhubungan badan di siang hari atau bersenggama. Makanya jangan nikah mendekati bulan Ramadhan ya, kasian soalnya. hehehe

4. Muntah dengan sengaja. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.

”Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi). Dalam lafazh lain disebutkan : "Barangsiapa muntah tanpa disengaja, maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya)."


5. Mengalami Haid bagi kaum hawa.


6. Gila meski hanya sesaat

7. Keluarnya sperma dengan sengaja bagi laki-laki.

Persiapan Ramadhan
Biar bisa menjalani puasa bulan Ramadhan dengan baik dan khusyuk, seyogyianya kita semua perlu mempersiapkan diri . Persiapan yang dimaksud yaitu persiapan rohani, fisik, harta, ilmu.

  • Rohani. Persiapan rohani berupa menjaga shalat berjamaah di masjid, membaca Qur'an, sedekah, dan lain-lain.
  • Fisik. Untuk memasuki Ramadhan kita memerlukan fisik yang lebih kuat dari biasanya. Karena, jika fisik kita lemah, bisa-bisa Rahmat yang dilimpahkan Allah pada bulan Ramadhan ini tidak dapat kita raih secara maksimal. 
  • Harta. Mengapa perlu persiapan harta? harta disini bukan dimaksudkan untuk belanja kebutuhan yang banyak, tetapi untuk bersedekah atau untuk memberi hidangan buka puasa.
  • Ilmu. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan dibulan suci ini, tetapi jangan sampai anda beribadah tanpa ilmu karena amalan tanpa ilmu akan ditolak. Lakukanlah amalan yang diperintahkan oleh-Nya dan disunnahkan Rasulullah misalnya tahajjud, tarawih, tadarrus, dan lain sebagainya.
Akhir kata, admin mengucapkan selamat berpuasa. Mari jadikan Ramadhan ini sebagai ramadhan terbaik dari sebelumnya. aamiin


EmoticonEmoticon