Thursday, July 11, 2013

Karakter / Sifat dibalik Warna Jilbab


Warna Hijab - Dalam keseharian kita, seringkali kita para Hijabbers disibukkan dalam urusan memilih warna. Terutama dalam memadu padankan hijab dengan dress yang kita kenakan. Pertanyaannya adalah, apakah warna tergantung pada mood kita? Merespon pertanyaan tersebut, Dea (23th, mahasiswi) berujar bahwa seringkali warna hijab yang dikenakan mewakili selera dan mood-nya hari itu. “Bisa saja saya merasa nyaman memakai pink hari ini, tapi mungkin besok tidak” jelasnya. Sementara Patricia (17th, pelajar) lebih dipengaruhi oleh kecendrungannya dalam memilih warna. “Saya sih lebih suka warna hijab yang ceria gitu, pink, orange sama warna neon yang cerah-cerah lah pokoknya” tanggap Patricia saat disinggung mengenai warna hijab kesehariannya. Meskipun ada banyak respon yang bervariasi, hijabbers kebanyakan menggunakan warna-warna favorit dalam berhijab. Indeed, what you wear is what colors on you! Warna yang kita suka ternyata mengejawantahkan sifat dan karakter kita. Tentu saja ulasan ini tidak 100 persen authentic, setidaknya bisa kita baca berdasarkan karakter warna itu sendiri. Well Ladies, mari cocokkan warna hijab yang paling kita suka dengan karakter kita. Which one is yours?

Elegant White


My chum, Dewi looks sweet in white Hijab

Yupz.. Putih identik dengan anggun. Selain itu, warna hijab putih juga sarat dengan kesucian dan kebersihan. Walaupun warna putih kesannya resmi,  hijab putih dalam kesehariannya menonjolkan sisi elegan dan misterius. Sahabat hijabbers yang suka warna putih, memiliki hati yang tulus dan paling tidak suka dibohongi. Kita yang suka hijab warna putih sekilas sedikit tertutup, tapi sebenarnya jika merasa nyaman dengan seseorang menjadi mudah berteman dengan siapa saja. Yang teristimewa, warna putih termasuk warna netral sehingga lebih mudah dipadu padankan dengan ragam warna lainnya.


Cool Blue

Once my roommate, Fikri, and my cousin, Diyah look fabulous in light blue


Biru muda, biru laut dan biru langit merupakan warna dinamis yang mewakili rasa tenang dan nyaman. Sahabat Hijabbers yang menyukai biru adalah wanita yang memiliki jiwa bebas dan ramah. Sementara mereka yang lebih memilih hijab biru tua cenderung lebih tegas dan berpembawaan serius. Walau sekilas sedikit sombong, tapi sebenarnya penyuka warna biru tua adalah wanita yang ramah. Penyuka hijab warna biru menggemari tantangan yang  maskulin, sehingga tidak pernah takut mencoba hal-hal baru. Warna biru memberikan energi ceria dan menyenangkan. Warna hijab ini cantik dipadu padankan dengan warna hitam, putih, silver maupun kombinasi biru tua-biru muda.

Energetic Red


I am in red that I love most :)
Merah identik dengan ketegasan dan ketangguhan. Penyuka hijab warna merah cenderung frontal dalam mengungkapkan pendapatnya. Warna merah sangat ekspresif sehingga biasanya penyuka hijab warna merah juga cenderung menyukai warna cerah lainnya. Seringkali warna ini diidentikan dengan warna yang seksi dan menggoda. Karena itu, sahabat hijabbers yang menyukai warna merah cenderung suka menonjolkan diri dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dalam asmara, karena kemandiriannya, penyuka hijab merah cenderung sulit jatuh cinta. Warna merah terlihat elegan jiga dipadu padankan dengan warna abu-abu maupun hitam.

Feminine Pink


My best ever lecturer, Mom Ika, My chums Ighfir and Cupil :). All is charming in pink hijab :)

Well, hijab warna pink identik dengan kelembutan seorang wanita. Kita yang menyukai hijab warna pink adalah sosok yang lembut, manis dan penyayang. Busana warna pink mewakili suasana hati kita yang sedang merasakan kebahagiaan dan kasih sayang. Pink mewakili rasa cinta kepada orang-orang yang kita sayangi. Penyuka warna hijab pink mudah bergaul dan suka dengan hal yang romantis. Sahabat Hijabbers yang suka dengan warna ini, bisa memadupadankan warna pink dengan warna putih, hijau toska dan hitam.

Natural Green


 
Ariej in such as a sweet green hijab :)

Warna hijau identik dengan alam dan segala hal yang bersifat natural. Penggemar hijab warna hijau berpembawaan tenang dan tak mudah terpancing emosi. Sahabat hijabbers yang menyukai warna hijau cenderung mudah memaafkan orang lain dan bersikap dewasa. Selain itu, sangat santun dan berhati-hati dalam bersikap dan berbicara. Dalam hal asmara, penyuka hijab warna hijau mendambakan pria yang memegang prinsip dan bertoleransi. Ini karena, kita yang penyuka hijab hijau itu selalu memegang prinsip yang kita percaya. Hanya saja, dalam memadu padankan warna, hijab hijau lebih terlihat cantik dan harmonis jika dikombinasikan dengan dress warna netral dan kalem. Misalnya, warna hijau dengan putih gading yang merupakan kombinasi yang romantis.

Mysterious Grey





Sahabat Hijabbers penyuka abu-abu cenderung moody walau sebenarnya sangat menyenangkan jika seseorang sudah mengenal kita dengan baik. Selain itu, penyuka hijab warna abu-abu bisa terlihat ceria, mesti terkadang terihat misterius di mata orang lain. Seperti penyuka hijab warna hijau, kita yang menggemari hijab abu-abu juga berpendirian teguh dalam memegang prinsip. Uniknya, meski kadang keras kepala, penyuka hijab warna ini akan mudah mengalah untuk kebaikan orang lain. Hijab warna abu terlihat sangat harmonis jika dipadu padankan dengan dress warna solid yang cerah seperti merah, orange dan hijau toska.

Classic Brown


My chums Faiq and Mom Endang in tremendous Chocolate :)


Warna coklat identik dengan warna tanah yang mewakili kesederhanaan. Kita yang menyukai hijab warna coklat merupakan sosok penyanyang dan setia. Penyuka hijab warna coklat tidak suka menonjolkan diri sehingga nampak bersahaja. Meskipun begitu, sahabat Hijabbers yang menyukai warna coklat identik dengan suasana hati dan kepribadian yang manis tapi penuh semangat. Dalam berbusana, hijab warna coklat tampil cantik jika dipadukan dengan warna yang setingkat lebih kalem misalnya putih tulang atau krem.

Cheerful Yellow


Winanti in Cheerful Yellow :)


Full of cheers and spirit, itulah gambaran sahabat Hijabbers yang menyukai hijab warna kuning. Penyuka warna ini seorang yang tangguh, optimis dan ceria. Dalam bergaul bahkan tidak pernah membedakan status mereka, sehingga banyak orang suka berada di dekat penyuka warna kuning. Biasanya hijab dengan warna ini sangat cantik bila dipadupadankan dengan warna netral seperti hitam.


Noble Purple


My chum Linda in beautiful purple outfit :)

Dalam stereotype orang Indonesia kebanyakan, ungu identik dengan warna janda. Padahal ungu adalah warna ningrat yang mewakili kemewahan nan elegan. Karena itu, penyuka hijab warna ini mempunyai selera tinggi dan barang mewah, itu karena kita tahu mana yang terbaik untuk kita. Bagi orang lain, penyuka warna hijab ungu sedikit nampak misterius dan sulit didekati. Walaupun begitu, sebenarnya kita yang menyukai hijab ungu sangat romantis dan menyenangkan. Sahabat Hijabbers yang menggilai warna ini cenderung pemberani dan optimis dalam menghadapi masa depan. Sehingga mudah mempelajari hal baru dan beradaptasi. Hanya saja, dalam asmara, hanya pria tangguh dan tak gampang menyerah yang mampu menaklukan hatinya. Hijab ungu terlihat sangat elegan jika dipadu padakan dengan dress warna netral seperti krem, hitam ataupun putih.

Mystical Black

We are in magic black :)

Hitam identik dengan sosok misterius dan mistis. Di sisi lain, hitam menyatakan sesuatu yang abadi dan klasik. Kita yang menyukai warna hitam cenderung idealis dan berkarakter kuat. Terkadang sedikit tertutup dan misterius. Juga menyukai hal-hal yang bernilai artistik. Hijab warna hitam menyimpan sebuah penampilan yang sangat elegan dan netral karena bisa dipadu padankan dengan semua jenis warna. Jika diaplikasikan pada busana, warna hitam ternyata juga mampu memberi efek langsing. Karena itu LBD menjadi sangat populer sejak pertama kali dikenalkan Choco Channel.

Shining Orange

Lala in shining orange hijab :)


Orange mewakili karakter yang sedikit mirip dengan warna merah. Hanya saja, orange lebih feminim dan bersahabat. Penyuka hijab warna orange menggambarkan seseorang yang suka sosialisasi, penuh harapan dan percaya diri. Disamping itu, hijab warna orange juga membangkitkan semangat, vitalitas dan kreatifitas. Sehingga dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira dan optimis, penuh energi, bisa mengurangi depresi ataupun perasaan tertekan. Penyuka warna ini juga suka melakukan tantangan baru dan menjadi pusat perhatian. Warna orange akan menjadi lebih netral dan harmonis jika dipadu-padankan dengan warna kalem seperti abu-abu, krem dan putih, sehingga kecerahan warna tidak mati dan membosankan.

Mixed Color


My cousin, Iis in pretty tie-dyed pashmina
Sahabat Hijabbers yang menyukai hijab motif merupakan sosok yang mudah bergaul dan mudah beradaptasi. Terkadang, kita yang menggilai hijab bermotif cenderung tidak menyukai banyak aturan dan menyukai kebebasan. Orang lain melihat kita sebagai sosok yang menyenangkan dan penyayang. Kesan pertama mereka melihat kita sebagai sosok yang kalem, padahal kita juga bisa ramai. Penyuka hijab motif hidupnya terasa penuh warna selayaknya nano-nano.

Well, demikian ulasannya. Artikel ini di kompilasi dari berbagai sumber dan pengalaman personal penulis. Semoga bermanfaat.


sumber: Didowardah Kompasiana


EmoticonEmoticon