Thursday, July 11, 2013

Tutorial Hijab Shawl - Hai Sobat Jilbabbers..Ada yang punya shawl gag nih? Itu loh jenis jilbab berupa selendang yang mirip dengan pashmina tapi materialnya dari chiffon sehingga lebih lentur dan tipis. Tau gag, ternyata Shawl yang per-piece-nya dihargai 13ribuan bisa disulap menjadi kreasi hijab pesta dan wisuda yang cantik dan elegan...

Kenapa Shawl? Tekstur material Shawl yang lembut dan sedikit licin cocok sekali dibuat style yang girly yaitu dengan membiarkan salah satu ujungnya menjuntai (sehingga mempertegas kesan klasik dan feminin). Begitu juga saat membuat korsase (dg teknik smock), dibandingkan dengan jilbab Paris, Shawl jenis ini ternyata terlihat lebih smooth dan fawless sehingga tampilan smock terlihat lebih manis dan natural..

Well.. yang kita butuhkan adalah dua plain Shawl dengan perpaduan warna gradasi atau kontras. Wardrobe lainnya yaitu beberapa jarum dan kalung untuk hiasan (atau bros dg manik yang memanjang menyerupai tasbih). Durasi waktu yang dibutuhkan, kalau saya, cukup 10-15 menit. Untuk pemula mungkin butuh waktu lebih

Meski terlihat rumit, sebenarnya sangat mudah loh..karena yang dibutuhkan hanyalah Sense of Art dan kesabaran. Well, kita praktek bareng-bareng yuk... jika sudah bisa, nanti kalau mau ke pesta atau wisuda tinggal diaplikasikan saja tutorialnya, jadi gag perlu repot-repot menggunakan jasa salon..

Nah biar seru boleh dong nanti hasil trial-nya iseng2 difoto terus share ke FansPage CAMIJIL.. Jadi terdaftar deh ikutan program Ramadhan disini https://www.facebook.com/photo.php?fbid=485452081533571&set=a.485498224862290.1073741834.415983595147087&type=1&relevant_count=1 Kesempatannya masih lama lho..sampai tanggal 30 Juli.. Kalau beruntung ada bingkisan menarik dari kami..

Untuk lebih jelasnya kita lihat step-step-nya yuk...


Tutorial Jilbab Shawl untuk Pesta dan Wisuda ala Didowardah





Hijab Shawl untuk Pesta dan Wisuda | Edisi Hijab Ramadhan 2013 ala Didowardah

 

[1 dan 2]. Ambil shawl 2 warna.

[3]. Lipat shawl menjadi dua secara horizontal, kemudian kenakan shawl pertama dengan salah satu sisi lebih pendek. Ujung yang pendek kita beri peniti dan kunci di belakang tengkuk (sisi yang panjang sisihkan jangan ikut diberi peniti lho ya). Lihat panah merah pada gambar... sisi itu saja yang dikunci dg peniti.

[4]. Tepat diatas kepala secara vertikal sematkan jarum pentul secara memanjang (searah garis panah merah). Kira2 membutuhkan 4-5 jarum).

[5 dan 6]. Setelah disemati jarum, kita lipat jilbab dengan mengambil sisi yang lebih panjang ke arah yang berlawanan (pada gambar dari sisi kanan ke kiri, lihat arah panah). Lalu kita sisihkan dulu.

[7, 8 dan 9]. Ambil shawl ke-2. Terapkan cara yang sama seperti pada langkah2 pemakaian shawl yang pertama. Bedanya ini dari sisi kanan. Kita bisa melihat digambar bukan, bagaimana jarum juga di pasang secara menjelujur diatas kepala kemudian dilipat ke arah yang berlawanan. Maka hasilnya terlihat seperti pada gambar 9.

[10, 11 dan 12]. Kemudian kita silang2 masing sisi (yaitu jilbab sisi kanan kita tarik kekiri, begitu juga sebaliknya). Beri jarum untuk mengunci pada masing2 persilangan. Lihat gambar 12.

[13 dan 14]. Kemudian pilih salah satu juntaian jilbab dengan arah yang berlawanan (digambar yang diambil adalah juntaian sisi kanan ke arah kiri) untuk dibuat korsase. Seperti biasa, membuat korsase hijab adalah dg cara gerakan meremas atau mencubit hijab dan kemudian menguncinya satu2 dg jarum. Sementara juntaian satunya kita biarkan dan cukup dirapikan saja.

[15 dan 16]. Jika suka, hiasi dengan kalung manik jika tidak ada kita bisa menggunakan bros jenis pendant yang serupa tasbih untuk diaplikasikan sebagai hiasan.

Ok selesai.. 2 gambar tak bernomor adalah hasil akhir tutorial..

NB: oh ya... yang paling penting dalam tutorial ini pastikan kepala kita sudah di balut dengan kain (pashmina) dulu sebelumnya sehingga saat memberi jarum terhindar dari tusukan.. Selain itu juga bentuknya jadi proposional... Caranya cukup LILIT kepala dg pashmina kaos ukuran sedang secara memutar hingga pashmina habis... Baru kita aplikasikan hijabnya... Maaf untuk ini masih perdana kemaren PAS AMBIIL GAMBAR lupa memberi trik tersebut.. Nantikan lagi jilbab pesta selanjutnya nanti kami beri trik menggunakan dalaman jilbab agar memudahkan penggunaan jilbab...Karena pada dasarnya salah satu kunci mudah menggunakan hijab pesta yaitu penggunaan dalaman yang tepat dan pas...



Jika bingung dengan tutorial hijab shawl versi gambar, ini kami punya versi videonya:






sumber: CAMIJIL


EmoticonEmoticon