Saturday, August 31, 2013

BlogDokter - Saat - saat menyusui merupakan saat dimana seorang ibu harus mampu mengatur waktu serta pola hidupnya. Saat bayi berumur 1-6 bulan, wajib bagi seorang ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Namun tidak emua ibu bisa menyusui dalam jangka waktu tersebut oleh karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang cukup sering dirasakan adalah kurangnya Asi yang keluar dari ibu sehingga tidak mampu lagi menyusui anaknya.

Kuantitas serta kualitas ASI tentunya sangat bergantung pada jenis asupan makanan seorang ibu. Oleh karena itu saat menyusui sangat penting bagnya untuk menjaga makanan yang ia konsumsi. Agar jumlah ASI dan kualitasnya bisa baik saat menyusui berikut pola makanan yang bisa anda lihat dalam artikel di bawah ini.
Ilustari Ibu Menambah ASI
Berikut 6 Tips Meningkatkan ASI Untuk Ibu Menyusui

1. Banyak Minum Air dan variasinya

Dalam sehari seorang ibu membutuhkan ASI sebanyak 8-10 gelas. Kebutuhan produksi Asi tersebut tentunya akan sangat bergantung dengan jumlah cairan dalam tubuh, serta terhidrasinya seorang ibu. Jika anda bosan meminum banyak air, anda dapat pula menyelingi dengan variasinya seperti jus, susu, teh, dan juga jeis makanan kaldu. Tetapi ingat untuk tidak memminum minuman bersoda serta kopi, sebab hal itu akan mengurangi kualitas ASI anda.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah, Serat dan Gandum

Mengonsumsi banyak sayur serta buah dan makanan yang berserta akan sangat baik bagi kualitas ASI. Sayuran yang berwana hijau seperti kangkung dan juga bayam merupakan sayuran yang sangat baik dalam menjaga kualitas ASI. Selain itu memakan makanan yang berserat akan sangat bermanfaat bagi pencernaan, bukan hanya bagi ibu tapi juga sangat baik bagi pencernaan bayi. Sebab ASI dengan kandungan serta akan dapat menjaga kesehatan penceraan bayi.

3. Asupan Protein

Protein penting untuk membangun jaringan tubuh, terutama pada bayi Anda. Selalu masukkan menu protein dalam setiap kali anda makan. Protein didapatkan dari daging, makanan laut, telur, tahu, kacang-kacangan, keju, yoghurt dan susu. Semua yang anda makan akan disarikan dalam ASI, yang akan dikonsumsi sang buah hati.

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat penting bagi ibu yang menyusui. Terutama adalah kalsium, vitamin D, Asam folat dan Besi. Walaupun dalam makanan mengandung zat yang dibutuhkan tersebut, namun mengkonsumsi suplemen sangatlah dianjurkan bagi anda. Sebab dengan suplemen yang dikonsumsi akan memberikan asupan yan cukup. Sehingga dengan cara itu kandungan nutrisi pada ASI anda juga akn terjamin asupannya. Nutrisi memang lah penting utamanya di masa-masa emas pertumbuhan otak anak.

5. Makanan Berlemak

Makanan berlemak sangat baik untuk memenuhi hindmilk atau ASI yang mengadung banayk lemak. Jika bayi anda memperoleh hindmilk di akhir ia menyusu akan sangat baik bagi postur tubhnya sehingga ia tidak akan kurus dan kurang gizi. Minyak sayur, daging, alpukat, kacang-kacangan, dan produk olahan susu adalah sumber yang baik dari lemak.

6. Teh untuk Meredakan Stress dan Meningkatkan Produksi ASI

Saat menyusui seorang ibu haruslah menjaga agar kondisi jiwa nya baik. Sebab dengan kondisi tersebut produksi asi akan baik pula. Jika seorang ibu stress, akan mempengaruhi ASI yang ia produksi. Oleh karena itu refreshing dan sedikit hiburan serta minum teh sambil bersantai akan sangat membantu dalam memproduksi ASI.

Terima kasih telah membaca 6 Cara Meningkatkan ASI Ibu dengan baik. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat dokter.

Baca juga : 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Kesehatan


EmoticonEmoticon