Thursday, August 22, 2013


Arum manis makanan ringan nan manis dan gurih yang telah ada sejak dulu ini hingga kini masih bertahan dan digemari beragam usia, mungkin juga termasuk Bidadaris gemar akan jajanan ini. Arum manis biasanya banyak hadir di event tertentu termasuk pada saat pasar malam.

Arum manis adalah panganan yang dibuat dari bahan dasar terigu dan gula yang diberi perwarna. Penganan tradisional ini terbukti masih digemari warga, karena rasanya yang khas dengan rasa manis alami gula.

Proses pembuatan penganan tradisional ini cukup rumit,
Pertama, gula pasir yang dicampur minyak sayur dipanasi sampai mengumpal. Setelah diberi sedikit perwarna merah, gula pasir yang telah dipanasi ini dicampur dengan adonan terigu yang kemudian dibentuk memanjang diatas meja beralaskan seng.

Gumpalan adonan tepung terigu dan gula inilah yang kemudian ditarik-tarik sampai berbentuk serabut. Proses inilah yang paling sulit karena membutuhkan keahlian khusus dan tenaga ekstra, agar serabut arum manis yang dihasilkan semakin banyak.

Setelah berbentuk serabut menyerupai benang, arum manis dipotong-potong. Biasanya penganan ini dijual dalam kemasan plastik.

Meski kebanyakan pengemar arum manis adalah anak-anak dan remaja, namun tak sedikit orang dewasa yang menyukainya.
Arum manis tradisional lebih nikmat dan gurih daripada arum manis yang dijual di pabrik-pabrik sebab terbuat dari gula asli.


EmoticonEmoticon