Saturday, August 24, 2013


Benar.Sebagian besar minuman anggur dibuat dari buah anggur yang diambil dengan menggunakan mesin potong otomatis. bisa kita bayangkan?

Cara kerja mesin potong seperti layaknya sabit yang memotong buah anggur tanpa memilahnya terlebih dahulu. Mesin potong akan memotong apa saja yang dilaluinya, termasuk ranting, daun, serangga, mamalia kecil dan mungkin mamalia yang lebih besar sehingga tercampur bersama buah anggur. Campuran binatang-binatang ini ada yang tetap tercampur sampai proses menjadi minuman anggur. Wah, wah, wah !

Fakta ini memang benar-benar terjadi!, Untuk masalah yang satu ini di Amerika dikenal dengan istilah MOG: Materials Other than Grapes yakni, material-material selain buah anggur yang ikut tercampur selama pemanenan. Istilah ini benar-benar sangat umum bagi para petani anggur.

Selain itu, buah anggur yang dipetik dengan menggunakan tangan memang sedikit berpotensi menghasilkan MOG. Namun saat pemanenan sejumlah serangga tetap akan ikut masuk ke keranjang petani. Persoalanya adalah bagaimana proses setelah pemanenan, yakni bagaimana mengolah buah anggur hingga menjadi produk yang hiegenis. Tentu kita tidak ingin memasukkan beberapa serpihan binatang ketubuh kita saat minum anggur.

Sumber: Carry, M.N. 2010. 1,001 Facts That Scare The S#*t Out of You. Gramedia. Jakarta




EmoticonEmoticon