Thursday, August 22, 2013

Topik kebenaran bahaya air minum kemasan ini jarang sekali diungkap ke publik, Mengapa?
Ya, tentu jelas akan mengancam produk perusahaan-perusahaan besar air minum jika berita ini sampai diketahui publik. Citra Perusahaan akan turun, rasa kepercayaan masyarakat juga ikut-ikutan turun, turunya angka penjualan produk dan brakk.....

Kecurangan yang mengakibatkan dampak besar yang mungkin berbahaya bagi kemaslahatan masyarakat luas harus mendapatkan tindakan yang sesuai dengan akibat yang ditimbulkannya, apalagi menyangkut masalah kesehatan. Setuju?
Dan belum lagi masalah kebohongan publik. Saya berfikir kalau 1 orang saja yang merasa dibohongi melakukan tuntutan ganti rugi 1 juta (misal). Nah, berapa juta orang yang telah dibohongi,,, bisa diyangkan jika semua orang melakukan tuntutan?

Bukan main-main, kejadian ini benar-benar terjadi dinegara maju sekelas “Amerika”. Bagaimana dinegara kita? Kita tidak tahu.
Mari kita simak fakta berikut ini:
Fakta mencengangkan mengenai bahaya air minum kemasan baru-baru ini telah diungkap oleh Environmental Working Group, sebuah kelompok kerja lingkungan di Amerika Serikat. Kelompok kerja ini mengungkapkan 10 merek air minum kemasan populer telah terkontaminasi dengan polutan kimiawi dan bakteri, beberapa diantaranya bahkan memiliki kadar setinggi air kran. Wow!

Setelah fakta ini diungkap, perusahaan air minum tetap tidak mengungkapkan hasil pengujiannya. Ternyata mereka diuntungkan dengan perlindungan dan kerahasiaan perdagangan.

Menurut estimasi pemerintah dan indusri  hampir 40% air minum kemasan adalah air kran biasa dan sering kali tanpa perlakuan tambahan. Bagaimana tanggapan anda sekarang?

Kita hanya berharap perusahaan kemasan air minum dinegeri ini tetap memegang prinsip-prinsip dagang yang bermoral (etika dagang). YA, kita hanya dapat berharap. Hanya karena uang beberapa ribu kita tidak ingin menginap di rumah sakit, Benar?
Kita tidaklah ingin berpikiran negatif atau berburuk sangka. Setelah ada fakta yang demikian tidak menutup kemungkinan terjadi juga di negeri kita, tidak ada salahnya kita sedikit hati-hati dalam mengkonsumsi sesuatu. Kesehatan tidak bisa dibeli dengan apapun, namun jika kita sehat kita dapat berusaha untuk ,membeli apapun.

Sumber:
1. Bottled Water: Pure Drink or Pure Hype? National Resources Defence Council, www. nrdc.org
2. Rilis Berita Environmental Working Group 19 November 2008. www.ewg.org
3. FDA Should Adopt EPA Tap Water Health Golas For Bottled Water . www.ewg.org
















EmoticonEmoticon