Saturday, August 24, 2013


Air adalah salah satu sumber utama terpenting bagi kehidupan. Dewasa ini hadir istilah “konservasi air”. Apa sih konservasi air itu? Kenapa air perlu konservasi segala? Mari simak ulasan singkat pentingkanya konservasi air ini, 
Bahasa sederhananya konservasi air adalah: memperbaiki aspek kehidupan termasuk lingkungan, guna tersedianya air yang sesuai untuk kehidupan semua makhluk hidupSehingga, air dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu menjaga keseimbangan kehidupan di planet yang kita cintai ini (@. penulis).

Mari kita perhatikan kondisi perairan di lingkungan kita (Sungai, Danau, Laut, Sumur dll.)
- Keruh ataukah jernih?
- Berbau?
- Kira-kira tercemar atau masih alami?
- Ada sampah plastik?
- Sering mengalami kekeringan atau tetap sepanjang tahun?
- Setiap tahun mengalami penurunan jumlah ikan atau tidak?
- Ada aktifitas pembuangan limbah?
- Ada aktifitas pembuangan sampah?
- Ada Aktifitas pembuangan deterjen?
Simpulkan sendiri kondisi perairanmu itu....... Silahkan beri nilai sesukamu A, B, C, D..... Z 

Seperti Sumber Daya Alam (SDA) lainnya, Air juga dapat mengalami kerusakan, tentu saja. Rusaknya sumber daya air dewasa ini lebih banyak karena aktifitas manusia. Sekarang kita jawab dengan jujur,
·  Kondisi air di daerah kota (Bandung, Palembang, Surabaya, Semarang dan kota-kota lainnya) lebih baik dibandingkan dengan kota jakarta? Dan kondisi perairan di desa-desa di seluruh indonesia secara umum lebih baik dibandingkan dengan kondisi air kota-kota diatas?
·  Di kota air terasa begitu berharga: Di kota kita harus  “Beli” - Di desa “Gratis.......... Mengapa bisa demikian? Kita tentu tahu jawabannya J

Masalah yang besar dari air adalah hilangnya air itu sendiri. Kemarau. ya. Disaat kemarau kita akan merasakan bahwa air begitu berharga. Lebih-lebih jika kita harus membelinya dengan uang. Sekarang ini kemarau semakin panjang dan tak menentu saja. Apa yang menyebabkannya? Tentu saja hilangnya sang penyimpan air. Pohon. Yang secara alami telah diciptakan tuhan sebagai teman dari air.

Kerusakan lingkungan (Penebangan pohon tanpa diimbangi penanaman dan kerusakan hutan) adalah hal yang paling berbahaya dari kelangsungan sumber daya air. Diperparah lagi dengan berubahnya siklus musim akibat pemanasan global (Global Warming). Kemarau panjang tanpa bisa diprediksi secara akurat, banjir bandang dan menipisnya cadangan air tanah merupakan masalah yang akan kita hadapai di hari-hari mendatang, jika kita menghiraukan dan tidak merawat aset sumber daya terpenting kita, Air.

Lalu apa yang harus kita lakukan?
kuncinya ada pada topik artikel ini “konservasi air”.
memang konservasi ini sangat luas sekali maknanya. Jika bebas berpendapat, maka hal pertama yang harus dikonservasi atau kita perbaiki adalah perilaku kita dahulu, “yang dengan gampangnya merusak alam/lingkungan”. Susah?

Sebenarnya hal ini dapat kita lakukan dengan gampangnya, apa susahnya? Niat yang sebenar-benarnya ingin memperbaiki lingkungan.
Mari mulai dari diri sendiri dulu deh, kalau bukan kita mau siapa lagi?
konservasi sederhana tingkat diri sendiri, proyek ini saya namai “konservasi tingkat rendah”:
 konservasi air tingakt rendah: 
{Memperbaiki kondisi lingkungan, dari diri sendiri yang penting IKHLAS}
1.      Ayo tanam pohon yang buaanyak... Semakin banyak semakin jempol.
2.      Ayo jangan buang plastik sampah perairan, timbun aja ya...
3.      Sehabis mencuci baju, airnya jangan di alirin ke sungai ya...
4.      Pokoknya lakukan apa yang menurut kita arif untuk lingkung...

semoga air tetap menjadi berkah dari tuhan untuk semua  :)



EmoticonEmoticon