Monday, September 2, 2013

BlogDokter - Menjaga kesehatan anak tentunya tidak gampang. Apalagi jika anak anda masih berada pada masa aktifnya, maka aktifitas anak untuk terkontaminasi dengan lingkungan yang tidak sehat akan sangat sulit terkontrol. Salah satu penyakit yang sangat sering menimpa anak adalah penyakit cacingan. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangatlah berbahaya jika dibiarkan, karena selain mengganggu nafsu makan anak, ia juga berdampak pada postur tubuh anak yang akan menjadi kurus.

Mengobati cacingan bisa dengan banyak pilihan obat, namun tetaplah aman bagi sang bunda untuk memilih obat cacing dan mengatasinya dengan cara alami.
Ilustrasi Anak Mengalami Penyakit Cacingan
Berikut merupakan cara mengobati dan mengatasi cacingan secara alami.

1. Wortel.

Jika anda ingin membasmi cacing dalam perut anda juga bisa menggunakan ramuan dari air perasan wortel, caranya campurkan air perasan wortel dengan santan kental masing-masing berukuran 1 cangkir, beri sedikit garam aduk sampai rata, kemudian minumkan pada anak yang menderita cacingan. Ramuan ini bisa memberantas cacing yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

2. Kulit Mangga.

Kulit mangga yang biasanya dibuang begitu saja ternyata dapat dijadikan sebagai obat cacing. Daya antelmintik pada kulit mangga akan membantu mencegah penyakit cacing terutama untuk anak-anak, antelmintik juga sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam perut.

Cara membuatnya : Selama kurang lebih 15 menit rebuslah kulit mangga, hal ini akan menjadikan zat antelmintik di kulit mangga keluar. Ambil dan taruhlah dalam gelas air rebusan kulit mangga tersebut kemudian minumlah dengan penuh semangat. Ternyata rebusan kulit mangga ini cukup ampuh membunuh bakteri jahat di dalam perut dan juga larva cacing.

3. Kelapa.

Bahan yang diperlukan 1/4 butir kelapa dan 1 buah wortel.
Cara membuat ramuan : Semua bahan diatas cucilah hingga bersih sebelum diparut, campur parutan dengan segelas air matang. Peras, saring dan minumlah sebelum tidur.

4. Akar Delima.

Bahan yang diperlukan ambil 7 gram akar delima saja.
Cara membuat ramuan: Akar delima dicuci bersih lalu dipotong kecil. Rebuslah dengan segelas air matang selama 15 menit. Saring kemudian minum airnya sampai habis.

5. Biji Jeruju.

Bahan yang diperlukan biji jeruju 4-6 butir.

Cara membuat ramuan : Tumbuklah biji jeruju hingga halus, kemudian seduhlah dengan setengah gelas air panas. Dinginkan sebentar lalu minum saja sampai habis. lakukan hal ini sekali sehari.

6. Krokot.

Bahan yang diperlukan Krokot Segar.

Cara membuat ramuan : Krokot dicuci sampai bersih. Langkah selanjutnya adalah merebusnya dengan 600cc air, hingga tersisa 300 cc. Minum air rebusannya selagi masih hangat, dan krokotnya juga dimakan. tapi pancinya jangan. Lakukan secara teratur 2 kali dalam sehari.

7. Biji Pepaya

Bahan yang diperlukan 2 sendok makan biji pepaya dan Madu
Cara membuat ramuan : Biji pepaya dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh dengan setengah gelas air dan tambahkan dengan sedikit madu. Minum secara teratur sehari 2 kali.

8. Daun Pepaya Untuk Cacing Kremi.

Bahan yang diperlukan 1 lembar daun pepaya dan 15 gram akar pohon bunga melati.
Cara membuat ramuan : Selain biji pepaya, daun pepaya juga bisa digunakan mengobati cacing terutama cacing kremi. Cucilah semua bahan hingga bersih. Rebus semuanya dengan 600cc air, hingga tersisa 300 cc. Minum air rebusannya selagi masih hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

9. Bawang Putih Untuk Cacing Kremi.

Bahan yang diperlukan bawang putih 3 butir, 30 gram akar pepaya, gula merah secukupnya.

Cara membuat ramuan : Selain untuk mengusir vampire, bawang putih juga efektif untuk mengobati cacing kremi. Caranya gula merah dipotong dan semua bahan dicuci bersih. Lalu rebus semuanya dengan 600cc air, hingga tersisa 300 cc. Minum air rebusannya selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

10. Bangle.

Bahan yang diperlukan : 25 gram bangle, 25 gram temu hitam, 10 gram biji ketumbar, 5 buah tangkai daun sirih (diiris-iris tipis).
Cara membuat ramuan : Rebuslah keseluruhan bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian diminum selagi hangat, untuk 2 kali minum. Lakukan mengkonsumsi ramuan ini secara teratur 2 kali sehari.

11. Putri Malu.

Caranya cukup mudah, cuci 15 – 30 gram tanaman putri malu, rebuslah dalam 3 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian air saringannya diminum pada malam hari sebelum tidur.

Terimah kasih telah membaca 11 Cara Alami Menghilangkan Cacingan Pada Anak. Semoga dengan tips diatasn anda dapat mengatasi cacing yang ada didalam tubuh anak.

Baca juga : 10 Cara Praktis Hilangkan Perut Buncit


EmoticonEmoticon