Tuesday, September 3, 2013

BlogDokter - Nikmat kesehatan merupaan nikmat yang paling sering dilupakan. Banyak orang yang baru menyadari bagaimana pentingnya kesehatan setelah menderita berbagai macam penyakit. Sehingga penting kiranya bagi kita semasa sehat untuk terus mempertahankan kesehatan yang telah diberikan.

Salah satu hal yang sangat penting tentunya sistem kekebalan tubuh anda. Kekebalan tubuh tentunya sangat bergantung pada kesehatan pencernaan atau segala hal yang kita konsumsi. Saat kekebalan tubuh baik, maka akan sangat baik pula bagi kita dalam menangkal segala macam penyakit. Oleh karena itu penting kiranya bagi anda untuk dapat memilih makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.
Ilustrasi Anak Minum Madu
Berikut merupakan jenis makanan yang bia meningkatkan kekebalan tubuh anda.

1. Bawang putih
Bawang putih merupakan salah atu rempah yang sering digunakan dalam rumah tangga.Bawang putih sangatlah berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh sebab ia mengandung allicin, berperan sebagai antivirus dan antibakteri. Bawang outih nantinya akan sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas membersihkan darah.

2. Jahe
Jahe juga sangatlah berguna bagi sistem kekbalan tubuh anda. Ia berfungsi dalam menghangatkan badan serta menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Secara umum jahe berfungsi sebagai alat pembersih dalam tubu, seperti pemicu produksi lendir untuk membersihkan salurang paru dan pernafasan. Jahe juga sering digunakan untuk obat sakit perut karena fungsinya sebagai pembersih.

3. Madu
Fungsi cairan selain sebagai antibiotik juga berfungsi sebagai antiseptik. Sangat banyak yang bisa dipicu oleh madu utamnaya zat yang bisa membeikan kekebalan tubuh seperti beragam vitamin dan mineral seperti B-kompleks, vitamin C, D, E, dan propolis. Madu juga dapat mengatasi problem tenggorokan, alergi, asma, dan masalah pernapasan lainnya berkat kemampuannya mengatasi iritasi.

4. Cayenne
Makanan ini sangatlah bermanfaat sebab mengandung vitamin C, A, B, kalsium, dan potasium tinggi. Selain itu, cayenne juga bisa merangsang sirkulasi darah dan dikenal dapat mengobati sejumlah penyakit pencernaan.

5. Acidophilus dan bifidus
Makanan ini merupakan jenis bakteri. Nmaun jenis bakteri yang satu ini merupakan bakteri baik yang berguna bagi tubuh. Mikroba ini berperan menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus, memperbaiki fungsi kekebalan serta merangsang produksi vitamin K. Dua jenis bakteri ini dapat ditemukan dalam yogurt atau kefir.

6. Sayuran hijau
Sayur-sayuran yang berwarna hijau sanatlah baik bagi kekebaln tubuh anda. Sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, swiss chard, dan bayam mengandung vitamin B12, asam folat, potassium, vitamin A, C, dan K, yang semuanya dikenal bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Asam dan alkalin
Campuran asam atau alkalin yang seimbang diklaim memperbaiki pencernaan dan membantu penyembuhan. Contohnya, Anda dapat membuat minuman perasan lemon yang dicampur air hangat.

Nah, itulah 7 makanan yang mengandung banyak manfaat bagi kekebalan tubuh anda. Selamat mencoba.

Baca juga : 9 Cara Memperoleh Kalsium Setiap Hari


EmoticonEmoticon