Thursday, September 5, 2013

BlogDokter - Otak tidak jauh berbeda dengan otot. Kemampuan otak dalam beroparasi juga sangat menguras energi. Oleh karena itu kerja otak tentunya sangatlah keras, sehingga layaknya otot ia juga butuh kebugaran agar dapat terus beroperasi dengan baik. Jika otak tidak dilatih dengan baik dan kebugarannya tidak dipertahankan maka akan sangat berbahaya bagi fungsi serta kualitasnya.
Ilustrasi menjaga kebugaran jasmani dan mental
Berikut adalah beberapa cara agar anda dapat melatih kebugaran otak anda.

1. Latihan selama 30 menit setiap hari.
Latihan fisik bukan hanya memberikan manfaat bagi otot anda. Nmaun hal tersebut akan sangat berguna bagi anda untuk mengasup oksigen pada otak. Banyaknya tingkat oksigen di otak akan sangat bermanfaat untuk kulaitasnya, sebab oksigen berfungsi untuk membantu meningkatkan memori, penalaran dan kemampuan waktu reaksi.

2. Sering membaca.
Membaca adalah jendela dunia. Itulah yang umum kita ketahui. Dengan membaca tentunya pengetahuan dapat bertambah. Namun tidak semua orang memiliki minat yang sama dalam membaca. Namun membaca dapat menjaga kebugaran otak anda, sehingga minat membaca haruslah tetap dijaga agar kebugaran otak bisa dijaga.

3. Mengonsumsi Vitamin B.
Vitamin B sangatlah berguna bagi kebugaran otak. Vitamin B banyak terkandung dalam sereal gandum, sayuran hijau dan susu. Vitamin B sangat penting untuk kesehatan otak.

4. Tantangan kecerdasan dan memori.
Memberikan tantangan pada otak anda tentunya merupakan salah satu latihan otak agar kebugarannya tetap terjaga. Meregangkan diri secara mental dengan belajar bahasa baru, melakukan silang samar atau bermain catur. Hal ini penting untuk kesehatan otak dan baik untuk kehidupan sosial Anda.

5. Luangkan waktu untuk bersantai.
Kelebihan hormon stres kortisol seperti bisa berbahaya bagi otak. Jadwal periode reguler relaksasi dalam minggu Anda. Hal tersebut akan merefresh kerja otak yang selama ini padat.

6. Hobi baru.
Selalulah coba hobi baru untuk diri anda. Jangan hanya berpatokan pada satu rutinitas dan hobi saja. Jika anda ingin otak anda selalu terlatih maka mencoba hal baru akan membuatnya terproses untuk menyesuaikan dengan hobi anda tersebut, maka kebugaran otak anda akan bisa dipertahankan.

7. Aktif mengelola kesehatan Anda.
Kondisi seperti penyakit diabetes atau penyakit jantung dapat mempengaruhi kinerja mental jika tidak didiagnosis dan diobati. Rutin check-up dengan dokter Anda untuk mencegah masalah otak di masa depan.

Terimah kasih telah membaca 7 Cara Mempertahankan Kebugaran Otak. Semoga artikel diatas dapat meningkatkan atau menjaga stabilitas otak anda.

Baca juga : 10 Tips Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel


EmoticonEmoticon