Monday, September 16, 2013

BlogDokter - Sudah menjadi informasi umum bahwa mengonsumsi buah-buahan merupakan hal yang sangat baik utnuk kesehatan. Dengan mengonsumsi banyak buah maka tubuh akan terpenuhi gizi serta serat yang dibutuhkan.

Banyak macam buah yang bisa anda konsumsi, namun tanpa anda sadari diantara buah yang ada disekitar anda, ada salah satu buah yang sangat bermanfaat dan harganya pun sangat mudah dijangkau. Nah, buah pisang merupakan buah yang paling mudah ditemukan tapi tahukah anda manfaatya bagi kesehatan anda?
Ilustrasi Wanita Memakan Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut merupakan manfaat alami yang diberikan buah pisang untuk kesehatan anda.


1. Sebagai Sumber Tenaga.
Sumber tenaga dan energy tentunya berasal dari kandungan gula yang dikonsumsi. Pisang merupakan salah satu buah yang bisa memberikan asupan gula tersebut dengan baik


2. Kesehatan Saluran Pencernaan.
Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pada buah pisang mampu mencegah sembelit. Berdasarkan hasil penelitian, rutin makan pisang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker lambung.

3. Melancarkan Peredaran Darah.
Kandungan kalium dan potasium berfungsi untuk membantu sirkulasi tubuh, sehingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga mampu membantu denyut jantung jadi teratur, mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah supaya normal.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak.
Caranya dengan mengkonsumsi pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut, untuk meningkatkan daya tangkap dan konsentrasi.

5. Menurunkan Tekanan Darah.
Manfaat buah pisang berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dari buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke. Itulah alasan mengapa para dokter sering menganjurkan pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk mengkonsumsi lebih banyak pisang.

6. Penambah Energi.

Saat memakan pisang kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat. Karbohidrat inilah yang dapat menampah energi bagi tubuh kita.

7. Menjaga Kesehatan Mata.

Dengan mengkonsuimsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.

8. Menurunkan Berat Badan.
Diet dengan makan 4 buah pisang dan 4 gelas susu non fat atau bisa dengan susu cair setiap hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu,akan membantu menurunkan berat badan secara alami. Kalorinya hanya 1250 dan menu ini pas dan cukup menyehatkan.

Terima kasih telah membaca 8 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat lebih baik mencegah daripada mengobati. Salam Hidup Sehat.....!!!

Baca juga : 10 Manfaat Penting Buah Apel


EmoticonEmoticon