Monday, September 16, 2013

Kosmetik untuk bibir bagus tersedia dengan harga, model, warna warna, dan merk bervariasi. baik dari etude, eos, wardah, odbo, revlon, oriflame, tony moly, dsb.  jenisnya pun beragam Lip Balm, Lip gloss, lip tint, dan lipstik. Para pemula biasanya bingung membedakan jenisnya. Berikut adalah sedikit panduan untuk membantu dalam penggunaannya. 

1. Lip Balm 
Bentuknya bermacam-macam, ada yang padat seperti lipstik dan ada pula yang berbentuk krim dan cair. Fungsi lip balm adalah untuk membentuk lapisan baru di atas permukaan kulit untuk  melindungi bibir dan menjaga kelembaban bibir. Oleh karena itu, lip balm ini diperlukan terutama untuk yang punya bibir mudah kering dan pecah-pecah. 
Bibir memang sangat rentan terhadap iritasi karena lapisan kulitnya yang tipis. Bacalah baik-baik kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut sebelum membeli. Sebaiknya pilihlah lip balm yang memiliki kadar pelembab tinggi, mengandung emollient dan minyak alami. Apabila kita sering beraktifitas di luar rumah, pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari sinar ultraviolet. 

2. Lipgloss 
Fungsi Lip gloss adalah untuk menciptakan efek berkilau atau glossy pada bibir. meski Lip gloss juga berfungsi untuk melembabkan bibir, namun perlindungan yang diberikan tidak sekuat dan seefektif lip balm. Oleh karena itu, sebelum pemakaian lip gloss, dianjurkan untuk tetap memakai lip balm terlebih dahulu. Menggunakan lip gloss saja tanpa pelembab masih dapat membuat bibir menjadi kering. 

3. Lip Tint atau Lip Stain 
Mulai makin populer karena warna yang dihasilkan lebih natural dan cara penggunaannya lebih praktis. Lip tint berbentuk cair dan biasanya dilengkapi dengan semacam kuas kecil atau aplikator yang dilengkapi spons diujungnya untuk mengaplikasikannya. Fungsinya untuk memberi warna pada bibir. Warna yang dihasilkan lip tint lebih ringan daripada lipstik, namun lebih intens daripada lip gloss. Keunggulannya adalah mampu menghasilkan efek warna yang natural dan tahan lama, sangat cocok untuk gaya riasan alami. 

4. Lipstik 
ini adalah  Produk kosmetik untuk bibir yang paling dikenal. Berfungsi untuk memberikan warna pada bibir. Bentuknya bervariasi dari stik, krim, hingga cair. Lipstik sifatnya cenderung lebih pekat dan tidak transparan. Beberapa lipstik merk tertentu dapat berfungsi sebagai lip balm karena mengandung vitamin E dan zat lain yang baik untuk kelembaban bibir. Meskipun pada dasarnya, fungsi utama lipstik memang bukan untuk melembabkan dan merawat bibir melainkan hanya untuk memberi warna. Oleh karena itu, sebelum menggunakan lipstik,tetap dianjurkan untuk terlebih dahulu menggunakan pelembab seperti lip balm pada bibir. 

demikian sekilas panduan perbedaan antara LIP BALM, LIP GLOSS, Lipstick dan LIP Tint (Lip stain)
semoga bermanfaat...












.


EmoticonEmoticon