Wednesday, September 18, 2013

                                     RIAN FEBRISONO / PIS
A.        Dinasti I – VI
Menurut maneto, seorang sejarawan dari abad ke – 3 SM, sejarah mesir di bagi menjadi tujuh periode, dengan 30 dinasti yang berkuasa.
Sekitar tahun 3000 SM, muncul penguasa besar yang berpusat di memphis. Disitu ada 2 (dua) dinasti yang berkuasa, yaitu dinasti I dan dinasti II. Raja – raja dinasti I dan II mendirikan bangunan untuk tempat pemujaan dewa pthah. Dewa itu merupakan penguasa kota memphis. Pada masa dinasti V, pusat pemerintahan dipindahkan ke heliopolis. Dinasti itu tidak meninggalkan karya yang benar.
Setelah itu muncul kerajaan kuno yang berlangsung 500 tahun yaitu dari 2780 – 2280 SM. Ada enam dinasti yang memerintah kerajaan kuno itu. Raja – raja dinasti I – VI diantaranya adalah khufu, khafre, dan menkaure. Mereka mendirikan bangunan mastaba (makam), piramida dan bangunan untuk pemujaan dewa penguasa kota memphis. Dewa lainnya yang dipuja adalah Ra, Osiris, dan Isis. Bangunan piramida yang didirikan oleh dinasti I – VI antara lain adalah piramida teras zoser dan piramida cheops atau khufu di gizeh. Piramida – piramida itu ada yang di dampingi oleh arca sphiynx. Raja mesir dikenal dengan sebutan firaun atau pharao.
B.        Dinasti VII – XI
Antara tahun 2180 – 1990 SM, muncul dinasti VII – XI dari kerajaan menengah. Daerah mesir terpecah – pecah. Penguasa daerah nubia menguasai daerah selatan mesir. Pada tahun 1990 Sm daerah yang terpecah – pecah disatukan kembali oleh penguasa daerah thebes. Ibu kota kerajaan di pindahkan dari memphis ke heracleopdis.
Raja – raja dinasti X di kenal sebagai raja – raja yang kuat. Mereka berhasil memakmurkan mesir. Dinasti selanjutnya adalah dinasti XI yang hanya mempunyai enam orang raja, yaitu intef I sampai III dan mentuhotep I sampai III. Pusat pemerintahannya berada di thebe
Peradaban Sumeria dan Akkadia
Bangsa Sumeria adalah bangsa yang pertama mendiami Mesopotamia.Mula-mula daerah tersebut berupa rawa-rawa.Setelah dikeringkan daerah tersebut menjadi pemukiman yang dihuni oleh kelompok masyarakat yang teratur.Kota tertua yang dihuni adalah Ur dan kemudian Sumer.
Kehidupan masyaratkat Sumeria.Bangsa Sumeria mengusahakan kehidupannya dengan mengusahakan pertanian.Untuk mengairi tanah pertaniannya dibuatkan saluran air dari sungai,dan membajak menggunakan Keledai dan Lembu.Konon bangsa Sumeria adalah bangsa yang mengenal roda dan gandum pertama kali di dunia.Dugaan bangsa Sumeria adalah sebagai pedagang berdasakan temuan berupa ribuan material tanah liat yang antara lain berisi perjanjian dagang,perhitungan pesanan barang.
            Sistem pemerintahan.Bangsa Sumeria memusatkan pemerintahan di kota Ur dekat muara sungai Eufrat.Raja sebagi kepala Negara juga sebagai kepala agama sehingga raja disebut Patesi (pendeta raja).Salah seorang patesi bernama Ur Nanshe.Ia adalah raja yang membangun kota Lagash dan menjadikan kota tersebut sebagai kota yang paling berarti di Sumeria.Sistem kepercayaan bangsa Sumeria adalah polytheisme,dengan dewa Marduk sebagai dewa yang utama.
Hasil peradaban Sumeria :
1.     Ziggurat
2.     Huruf Paku yang menggunakan sekitar 350 suku gambar yang menjadi suku kata
3.     Hitungan dngan dasar 60 (sixagesimal)
4.     Penemuan bahwa satu lingkaran sama dengan 360 derajat
5.     Penemuan bahwa 1 jam = 60 menit,1 menit = 60 detik
6.     Penghitungan kalender dengan perederan bulan (qomariah)
7.     Pandai mengerjakan tembaga,emas,dan perak
8.     Pandai membuat loteng yang melengkung
9.     Patung Raja Gudea :
            
Dengan hasil pertanian yang melimpah,bangsa Sumerian sekitar tahun 3000SM membangun 12 kota besar,diantaranya Ur,Uruk,Lagash,Nippur.Sumeria mencapai kejayaan pada zaman Raja Ur-Nammu.Namun sekitar 2300SM Bangsa Sumeria dapat ditaklukkan oleh Akkadia dibawah pimpinan Raja Sargon.
Peradaban Babylonia
            Imperium Sargon 1720SM dapat dikalahkan oleh bangsa Amorit yang termasuk rumpun Semit dari Jazirah Arab (sekarang Syria).Kerajaan Babylonia didirikan oleh Bangsa Amorit yang sering juga disebut Babylonia.Babilon terletak 97KM  di selatan Baghdad,di tepi sungai Eufrat,Irak Selatan.
Raja Babylonia yang terkenal adalah Raja Hammurabi,yang terkenal sebagai pembuat undang-undang.Undang-undang tersebut hukum berasal dari dewa Marduk.Agar dapat dibaca masyarakat,undang-undang itu dipahatkan pada batu setinggi 8 kaki yang ditempatkan di tengah ibu kota.Inti dari hukum tersebut adalah pembalasan.Misalnya bila seseorang mencuri dari sebuah rumah,maka ia harus dibunuh dan dibakar dirumah tempat pencurian tersebut.
Setelah Hammurabi meninggal,Babylonia ditaklukkan oleh bangsa Hittit dari dataran tinggi di utara Mesopotamia.
Peradaban Assyiria
            Bangsa Assyria termasuk rumpun Semit.Mereka menbangun kota Asshur dan Niniveh.Kota Niniveh terletak di tepi Sungai Tigris sebagai ibukota.
            Pemerintahan Assyria bercorak militer,sehingga bangsa Assyria digelar Roma dari Asia.Gelar tersebut muncul karena seperti romawi,Assyria merupakan penakluk daerah-daerah sekitar sehingga berhasil membentuk imperium yang besar.Wilayah Assyria membentang dari Teluk Persia sampai Laut Tengah.
Bangsa Assyria juga mempunyai peradaban yang sangat maju,antara lain di dunia pendidikan.Salah seorang raja yang tekenal adalah Assurbanipal.Pada masa pemerintahannya ia meninggalkan 22000 buah lempeng tanah liat yang tersimpan di perpustakaan Niniveh.Lempengan tersebut memuat tentang masalah Keagamaan,Sastra,Pengobatan,Matematika,Ilmu Pengetahuan Alam,Kamus,dan Sejarah.
Selama masa pemerintahan bangsa Assyiria,bangsa-bangsa yang ditaklukkan mencoba menyusun kekuatan untuk menaklukkan Assyria,sehinnga 612SM Bangsa Khaldea dapat menghancurkan Niniveh.
Peradaban Babylonia Baru
             Tampilnya suku bangsa Khaldea mengangkat kembali keperkasaan Babylonia yang dulu pernah jaya.Raja Khaldea yang terkenal adalah Nebukadnezar.Ia membangun kembali Kota Babilon dan menjadikan kota tersebut ibukota sehingga disebut Babilonia Baru.Ada dua hal yang menarik dari Babilonia Baru,yaitu Menara Babel dan Taman Gantung.
            Menara Babel yang tingginya mencapai 90 meter berfungsi sebagai keindahan kota serta mercucuar bagi para pendatang di sekitarnya yang akan menuju Babilon.Taman Gantung,yang diperuntukkan kepada istri sang raja.Taman ini dibangun di atas bukit buatan.Tingginya 107 meter.Bentuknya berupa podium bertingkat yang ditanami pohon,rumput,dan bunga-bungaan.Ada air terjun buatan yang asalnya dari air sungai Eufrat yang di alirkan ke puncak bukit melalui saluran buatan.
            Di bidang pengetahuan bangsa Khaldea telah mengembangkan astronomi dan astrologi.Mereka percaya bahwa masa depan dapat diketahui dengan mempelajari bintang-bintang.Mereka dapat meramal gerhana.Mereka membagi Minggu dalam 7 hari,satu hari ke dalam 12 jam ganda (1/2 hari terang dan 1/2 hari gelap).Menghitung waktu dengan jam air (water clock) dan jam mayahari (sundial).
            Catatan penting Nebukadnezar adalah peristiwa menaklukkan kerajaan Yudea dan Palestina.Ibukota Yerusalem direbutnya,kemah raja Sulaiman dibakara dan menjarah tanah Yudesa.Bnagsa Israel dan pimpinannya diangkut da dijadikan budak. Peristiwa itu disebut masa pembuangan Babilon dari tahun 586-550 SM yang sangat membekas bagi bangsa Israel.Setelah Nebukadnezar wafat tak lama yaitu 539SM,Babylonia Baru ditaklukkan Persia.
Daftar pustaka
http://smabl.blogspot.com/2012/12/sejarah-asia-barat-daya.html


EmoticonEmoticon