Friday, September 20, 2013

RAHMAT ARIFAN/PIS

Setelah perang dunia II usai, pada tanggal 12 agustus 1945 uni soviet datang kedaratan korea bagian utara dan disusul oleh amerika serikat pada bulan september 1945 yang menduduki wilayah korea bagian selatan. tujuan kedua negara adidaya tersebut datang ke korea yaitu untuk menyebarkan ideologi masing-masing yang jauh berbeda,uni soviet dengan paham komunis nya dan amerika serikat dengan pandangan liberalnya.
Dan tepat pada tanggal 15 agustus 1948,amerika serikat memprakasai pembentukan pemerintahan republik korea(korea selatan) yang berideologi liberal dengan ibu kota nya seoul dan yang menjadi presiden pertamanya adalah syngman rhee,hal serupa juga dilakukan oleh uni soviet terhadap korea utara uni soviet juga memprakasai pembentukan sebuah pemerintahan di wilayah utara korea yang berideologi komunis dan diberi nama republik demokratik rakyat korea(korea utara) dengan pusat pemerintahannya di pyongyang menunjuk kim il sung sebagai presiden pertamanya.
Persaingan antara uni soviet dan amerika serikat di wilayah korea pun dimulai,dan pada tanggal 25 juni 1950,korea utara melancarkan serangan pertama ke wilayah korea selatan,atas agresi yang dilakukan korea utara,pihak dari korea selatan mengambil tindakan dengan mengadukan masalah tersebut ke dewan keamanan PBB. Dewan keamanan PBB mengelurakan resolusi atau tuntutan kepada korea utara untuk menarik pasukannya dari wilayah korea selatan,selain resolusi tersebut dewan keamanan PBB  juga membentuk pasukan militer yang bertugas memberi bantuan kepada korea selatan.pasukan tersebut dipimpin oleh jenderal douglas mac arthur dari amerika serikat.
Dan berkat bantuan dari dewan keamanan PBB,korea utara dapat di pukul mundur oleh korea selatan bahkan pasukan PBB juga berhasil menduduki ibu kota korea utara pyongyang. Negara cina yang merupakan sekutu dari korea utara tidak tinngal diam melihat keadaan tersebut. Negara cina mulai mengirim bantuan militer kepada korea utara dengan bergabung nya negara cina di pihak korea utama membuat korea utara semakin kuat dan siap untuk menyerang balik korea selatan dan tentara keamanan PBB.
dan pada tanggal 4 januari 1951, korea selatan dan tentara keamanan PBB terdesak oleh serangan yang dilakukan oleh korea utara dan cina bahkan ibu kota korea selatan seoul bisa kuasai oleh tentara korea utara dan cina,tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama tentara korea selatan bersama dengan tentara dewan keamanan PBB berhasil bangkit dan merebut kembali ibu kota korea selatan seoul,tepat nya pada tanggal 12 maret 1951. genjatan senjatah terjadi antara korea utara dengan korea selatan setelah uni soviet campur tangan dengan masalah dua negara tersebut. Dan kesepakatan perdamaian tercapai pada tanggal 27 juni 1953,pada hari tersebut disepakati persetujuan pamujon yang menegaskan terdapat dua korea,korea utara yang berideologi komunis yang mendapat pengaruh dari uni soviet dan korea selatan yang mendapat pengaruh dari amerika serikat yang berideologi liberal.
DAFTAR PUSTAKA

LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI
  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga


EmoticonEmoticon