Thursday, September 19, 2013

RAHMAT ARIFAN/PIS

Setelah perang dunia II berakhir,vietnam tidak terlepas dari pengaruh peluasan ideologi yang dilakukan dua negara adidaya yaitu uni soviet yang berideologi komunis dengan amerika serikat yang berideololgi liberal. Hal tersebut menyebabkan wilayah vietnam terbagi menjadi dua wilayah yang memiliki ideologi yang sangat jauh berbeda. Wilayah vietnam utara yang mendapat pengaruh dari ideologi komunis uni soviet sedangkan wilayah vietnam selatan mendapat pengaruh ideologi liberal dari amerika serikat.
Hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya perang yang berkepanjangan antara vietnam utara dengan vietnam selatan,perang saudara tersebut terjadi antara tahun 1950 sampai dengan tahun 1975,dalam perang saudara yang terjadi di wilayah vietnam terdapat kepentingan blok timur( uni soviet) dan blok barat(amerika serikat). Dalam perang tersebut kedua belah pihak banyak mengalami kerugian-kerugian baik secara material atau non material
Upaya perdamaian terus dilakukan dimana pada tahun 1970 berlangsunglah perundingan perdamaian antara vietnam utara,vietnam selatan dan amerika serikat yang di adakan di paris dan pada tahun 1972 amerika serikat mengumumkan indonesia,kanada,polandia dan hongaria untuk menjadi pengawas genjatan senjata antara vietnam utara dengan vietnam selatan.
Akan tetapi keadaan kembali memanas setelah genjatan senjata yang telah di sepakati oleh vietnam utara dengan vietnam selatan dilanggar oleh viet minh dan gerilyawan vietnam selatan,yang melakukan serangan besar-besaran dan hampir menguasai ibu kota vietnam selatan saigon pada tanggal 3 april 1972.keadaan negeri yang kacau balau membuat presiden vietnam selatan nguyen van thiew mengundurkan diri dan digantikan oleh wakilnya tran van huong. Perang saudara antara vietnam utara dengan vietnam selatan terus berlanjut,tetapi vietnam selatan mengalami banyak kekalahan bahkan pada tanggal 18 apri 1975 ibu kota vietnam selatan,saigon berhasil di duduki oleh vietnam utara.
Sebagai puncak peperangan saudara tersebut tentara vietnam utara langsung munuju ibu kota vietnam selatan saigon dan mengganti namanya menjadi ho chi minh city. pada tanggal 30 april 1975 presiden vietnam selatan doung van minh menyerah tanpa syarat kepada vietnam utara,wilayah vietnam pun bersatu kembali yang berbentuk republik demokratik yang berhaluan komunis.
Setelah kekalah di perang vietnam memberikan kegagalan yang sangat besar bagi amerika serikat untuk membendung pengaruh ideologi komunis di kawasan asia tenggara,hal tersebut di karenakan vietnam terus memperluas pengaruh komunis di kawasan asia tenggara,bahkan vietnam berhasil mengubah negara laos menjadi negara yang berideologi komunis. Dan vietnam juga berhasil mengubah ideologi kamboja menjadi komunis hal ini bisa di lihat dengan invansi vietnam kekamboja pada tanggal 7 januari 1979.
DAFTAR PUSTAKA
LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI
  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga


EmoticonEmoticon