Saturday, September 14, 2013

Rahmat arifan/pis

Peristiwa rengasdengklok terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara golongan muda yang dipimpin oleh chairul saleh dengan golongan tua yang dipimpin oleh ir  soekarno. Golongan muda berpendapat bahwa kemerdekaan republik indonesia adalah hak bangsa indonesia tanpa ada campur tangan dari negara atau bangsa lain,sedangkan golongan tua berpendapat bahwa kemerdekaan republik indonesia harus dilaksanakan melalui revolusi secara terorganisasi karena mereka mengingikan membicarakan proklamasi kemerdekaan republik indonesia pada rapat ppki tanggal 18 agustus 1945.
perbedaan pendapat tidak dapat di hindari lagi antara pemimpin bangsa tersebut,dan berawal dari perbedaan pendapat tersebut maka mendorong golongan mudah untuk membawah ir soekarno dah moh hatta kerengasdengklok,dipilhnya daerah rengasdengklok karena berada jauh dari jalan raya utama jakarta-cirebon dan disana para pemuda dapat dengan muda mengawasi tentara jepang yang hendak pergi kerengasdengklok,karawang dan jawa barat.
Tujuan dibawahnya ir soekarno dan moh hatta ke rengasdengklok agar para pemimpin bangsa tersebut tidak dipengaruhi oleh pemerintahan jepang.di sana ir soekarno dan moh hatta berserta golongan muda menempati sebuah rumah milik warga keturunan tiong hoa yang bernama ji ki song, dan di sana para pemuda berupaya menekan ir soekarno dan moh hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia.
Ir soekarno akhirnya bersedia untuk memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia melalui pembicaranya sudancho singgi kembali kejakarta untuk memberi tahukan berita tersebut kepada golongan muda. Di saat bersamaan terjadilah perundingan antara golongan muda(wikana) dengan golongan tua(ahmad soebardjo) hasil perundingan tersebut memutuskan proklamasi kemerdekaan republik indonesia akan dilaksanakan dijakarta. Dan perumusan naska proklamasi akan dilaksanakan di rumah kediaman laksamana tadashi maeda di pilihnya kediaman laksamana tadashi maeda berdasarkan pertimbangan karena laksamana tadashi maeda memberikan jaminan keselamatan bagi seluruh pemimpin bangsa indonesia dan tidak akan ikut campur dalam masalah perumusan naska proklamasi kemerdekaan republik indonesia.
Ketika rombongan ir soekarno dan moh hatta sampai di jakarta mereka langsung menuju ke kediaman laksamana tadashi maeda,dan susunan konsep  naska proklamasi akhirnya berhasil diselesaikan menjelang subuh yang diketik ulang oleh sayuti melik kemudian di tanda tangani oleh ir soekarno dan moh hatta atas nama bangsa indonesia.
Pembacaan naska proklamasi yang awalnya direncanakan akan di bacakan di lapangan ikada(
ikatan atletit jakarta) terpaksa di batalkan karena disana telah berbaris tentara jepang dengan senjata lengkap,untuk menghindari bentrokan dengan tentara jepang pembacaan naska proklamasi dialihkan didepan rumah kediaman ir soekarno di jalan pengasaan timur no 56 jakarta pada hari jum'at 17 agustus 1945 pembacaan naska proklamasi tepat pada pukul 10.00 yang dilanjutkan dengan pidato singkat oleh ir soekarno dan pengibaran bendera merah putih yang di jahit tangan oleh ibu fatmawati,pengibaran dilakukan oleh suhut dan latif,Dan secaran spontan mayarakat yang hadir dalam upacara tersebut menyanyikan lagu indonesia raya.
DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga




EmoticonEmoticon