Wednesday, September 18, 2013

RAHMAT ARIFAN/PIS

Fidel castro adalah penggerak revolusi kuba yang di bantu oleh raul castro dan ernesto che guevara. Gerakan revolusi kuba dimulai oleh fidel castro pada tahun 1956 dengan tujuan utama nya adalah untuk menggulirkan pemerintahan yang berada di bawah pimpinan presiden fulgencio batista yang di anggap gagal dalam menjalankan roda pemerintahan kuba juga terlibat dalam tindakan korupsi.
Gerakan awal yang dilakukan oleh fidel castro dalam upayanya untuk menggulingkan pemerintahan yang di pimpin oleh  fulgencio batista adalah dengan cara mendekati rakyat kuba dan menyadarkan rakyat kuba,bahwa mereka berada di bawah pemerintahan fulgencio batista yang bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat kuba dan fidel castro juga memimpin langsung suatu gerakan yang bertujuan menggulingkan pemerintahan fulgencio batista.
Dan pada akhirnya fidel castro berhasil menduduki kursi pemerintahan dan menjabat sebagai presiden kuba. Kebijakan pertama yang di ambil oleh fidel castro yaitu memotong bunga bank sebanyak 50% dan menyita sebanyak 13% tanah pertanian rayat kuba termasuk tanah pertanian milik keluarga fulgencio batista.tanah-tanah sitaan tersebut dibaginya menjadi koperasi-koperasi pertanian.
Kebijakan berikutnya yang di ambil oleh fidel castro setelah duduk di kursi pemerintahan adalah melakukan nasionalisasi atau mengambil ahli terhadap perusahaan-perusahaan asing amerika serikat yang berada di kuba. Akibat dari kebijakan yang di ambil oleh fidel castro tersebut adalah amerika serikat memutuskan hubungan di plomatik dengan negara kuba. Bahkan menjatuhkan embargo ekonomi terhadap negara kuba.
Melihat kenyataan tersebut fidel mulai menjalin hubungan dengan negara-negara yang beraliran komunis yaitu cina dan uni soviet. Kebijakan luar negeri yang di ambil oleh pemerintahan fidel menimbulkan rasa kekhawatiran amerika serikat,amerika serikat berniat menggulingkan pemerintahan kuba yang dipimpin oleh fidel yang mulai pro terhadap komunis. Untuk mencapai tujuan tersebut amerika serikat memberikan pelatihan militer terhadap pelarian kuba yang berada di amerika serikat untuk menggulingkan pemerintahan kuba yang dipimpin oleh fidel castro.
Pada tanggal 17 april 1963 para pelarian kuba yang dilatih oleh militer amerika serikat mulai menyerang wilayah kuba melalui teluk babi. Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah the bay pig's episode atau insiden teluk babi,akan tetapi pada detik-detik penyerangan ke wilayah kuba amerika serikat membatalkan penyerangan,pengawalan dan perlindungan terhadap pelarian kuba,akibatnya serangan yang dilakukan oleh pelarian kuba dapat di patahkan dengan mudah oleh pemerintahan fidel castro.
Popularitas fidel castro yang tadinya mulai menurun akibat dari gagalnya memecahkan masalah perekonomian negara kuba,namun akibat dari peristiwa teluk babi,fidel kembali memperkuat kedudukan nya di pemerintahan negara kuba sebagai presiden.

DAFTAR PUSTAKA
LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI
  Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 3 kelas XII program ips.jakarta.penerbit erlangga


EmoticonEmoticon