Thursday, September 19, 2013

Roselma Br Panjaitan/pis

Cina adalah nama dari daerah budaya dan pemukinan turun temurun dari budaya kuno sejak zaman dahulu sampai sekarang yang termasuk negara di Asia Timur. Salah satu peradaban tertua di dunia adalah peradaban Cina, yaitu sejarah Cina dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia.
Berdasarkan sejarah Cina, perang saudara berakhir dengan jalan buntu. Akibatnya, terbentuklah dua negara dengan dua nama Cina, yaitu Republik Rakyat Cina(lebih dikenal dengan Cina dengaan kekuasaannya di Cina daratan,Hongkong, dan Makau) dan Republik Cina (lebih dikenal Taiwan) dengan kekuasaan di pulau Taiwan serta pulau-pulau sekitarnya. Tapi, sebagian besar negara lain beranggapan bahwa daerah yang diperintah oleh Taiwan adalah bagian dari Republik Rakyat Cina
Sampai saat ini, Cina adalah peradaban paling tua di dunia. Hal ini terlihat dari sistem penulisan yang konsisten dari dulu sampai sekarang. Selain itu, banyak penemuan penting yang berasal dari  peradaban Cina  kuno, misalnya kertas, kompas, serbuk mesiu, dan lain-lain. Inilah sejarah cina dengan peradabannya.
Sejarah Cina diawali ketika manusia modern tiba pertama kali di Cina dan Asia Tengah sekitar 50.000 SM. Mereka adalah manusia Zaman Batu yang tinggal di gua-gua bersama anjing mereka. Mereka memenuhi kebutuhan makanan dengan cara berburu dan meramu.
Pada 4000 SM, penduduk Cina mulai menanam padi serta beternak biri-biri dan ayam. Pada 3000 SM, mereka bahkan telah menggunakan gerabah dan tinggal di rumah. Dari orang Asia Tengah, penduduk Cina belajar memanfaatkan kuda untuk menarik kereta beroda. Orang Cina memasuki Zaman Perunggu pada 2000 SM. Saat itu mereka sudah mempergunakan tulisan.
1.Sejarah Cina Pada Masa Dinasti
A. Dinasti Shang (1600-1046 SM)
Dinasti Shang menurut sumber tradisional adalah dinasti pertama China. Menurut kronologi  dinasti ini berkuasa antara 1766-1122 SM,sedangkan menurut sejarah bambu adalah antara 1556-1046 SM.Pada dinasti Shang dikenal sistem perbudakan, yaitu kaum bangsawan hidup dalam kemewahan, sementara kaum budak hidup dalam kondisi yang buruk.Setelah pemilik budak meninggal, maka budak-budaknya junga dikubur hidup-hidup sebagai korban.Dinasti Shang mulai runtuh setelah mangkatnya Wu Ding dari yang sebelumnya raja terakhir yaitu seorang tiran yang kejam.
B. Dinasti Zhou (1046-256 SM)
Dinasti Zhou adalah dinasti terlama yang berkuasa di dalam sejarah Cina, menurut kronologi dinasti ini berkuasa antara 1046-256 SM.Dinasti ini mulai tumbuh dari lembah Sungai Kuning di sebelah barat wilayah Shang.Pendiri dinasti Zhou adalah Zhou Wen Wang, dimana pada dinasti Zhou mulailah dikenal konsep "Mandat Langit" sebagai legitimasi pergantian kekuasaan dan konsep ini seterusnya berpengaruh pada hampir setiap pergantian dinasti di Cina.
C.Dinasti Qin (221-206 SM)
Dinasti Qin berhasil mempersatukan Cina untuk pertama kalinya.Mereka bahkan membawa kejayaan Cina melebihi masa-masa sebelumnya.Bukti kebesaran Qin masih bisa dilihat hingga saat ini, yaitu Tembok Besar Cina.Namun dinasti Qin hanya bertahan selama 14 tahun, yaitu di masa pemerintahan Qin Shihuang.
D. Dinasti Han (206-220 SM)
Dinasti Han adalah dinasti yang menggusur dinasti Qin yang hanya bertahan selama 14 tahun,dinasti ini didirikan oleh Liu Bang.Dinasti ini cukup terkenal di dalam sejarah Cina karena beberapa penemuan penting kertas misalnya ditemukan pada 105 M oleh seorang sarjana yang bernama  Cai Lun dan dinasti han masih banyak meraih keberhasilan lainnya.Akhir dari dinasti Han adalah adanya pemerintahan yang tidak stabil karena ada sebuah masa yang didominasi oleh pemerintahan Kasim dimana kaisar-kaisar selanjutnya naik tahta pada masa kanak-kanak ini kemudian menyebabkaan lingkaran setan makin memurukkan situasi dinanti Han
E. Zaman Tiga Negara (220-280 SM)
Zaman Tiga Negara adalah sebuah zaman di penghujung Dinasti Han, yaitu ketika Cina terpecah menjadi tiga negara yang saling bermusuhan.Di dalam sejarah Cina biasanya hanya boleh ada kaisar tunggal yang dianggap menjalankan mandat langit untuk berkuasa, namun di zaman ini karena tidak ada satu pun negara yang dapat menaklukkan negara lainnya untuk mempersatukan Cina, maka muncullah tiga negara dengan kaisar masing-masing.
F. Dinasti Sui (589-618)
Dinasti Sui didirikan oleh Yang Jian, yang kemudian disebut sebagai Kaisar Sui Wendi setelah naik tahta pada 581 M.Kaisar Wen Ti berhasil menyatukan tiga kerajaan Cina yang terpecah dan mendirikan Dinasti Sui.Putra Wen Ti, Yang Ti memerintahkan penggalian kanal besar yang menghubungkan sungai kuning dan sungai Yangtze.Namun, Yang Ti terbunuh pada 618 M, dan penguasa berikutnya mendirikan Dinasti Tang
G. Dinasti Tang (618-907)
Setelah runtuhnya Dinasti Sui, berdirilah Dinasti Tang yang berkuasa dalam sejarah antara tahun 618-907 M. Di bawah Dinasti Tang, kota-kota di Cina mulai tumbuh.Pajak dan perdagangan diorganisasikan dengan lebih baik. Wilayah Cina makin luas, dan bahkan lebih luas daripada Cina saat ini.Namun, sejumlah perang saudara melemahkan Dinasti tang.
H. lima Dinasti dan Sepuluh Negara (907-960)
Antara tahun 907-960, sejak runtuhnya Dinasti Tang sampai berkuasalah Dinasti song, terjadi suatu periode perpecahan politik yang dikenal sebagai zaman Lima Dinasti Sepuluh Negara. Pada masa yang cukup singkat ini, lima dinasti (Liang Tang, jin, Han, dan Zhou) secara bergantian menguasai jantung wilayah kerajaan lama di utara Cina. Pada saat bersamaan, sepuluh negara kecil lain (Wu, Wuyue, Min, Nanping, Chu, Tang Selatan, Han Selatan, Han Utara, Shu Awal, dan Shu Akhir) berkuasa di selatan dan barat Cina.
I. Dinasti Song, Liao, Jin, serta Xia Barat (960-1279)
Antara tahun 960-1279, Cina dikuasai oleh beberapa dinasti.Pada 960, Dinasti Song (960-1279) yang beribukota di Kaifeng menguasai sebagian besar Cina dan mengawali suatu periode kesejahteraan ekonomi. Wilayah Manchuria dikuasai oleh dinasti Liao (907-1125) yang selanjutnya digantikaan oleh Dinasti Jin (1115-1234). Sementara itu, wilayah barat laut Cina yang sekarang dikenal dengan provinsi Gansu, Shaanxi, dan Ningxia dikuasai oleh Dinasti Xia Barat antara tahun 1032-1227.
Pada 960, Zhao Kuangyin yang disebut sebagai Kaisar Songtaizu setelah naik tahta mendirikan Dinasti Song melalui suatu kudeta dan berakhirlah situasi  terpecah  belahnya Cina. Dinasti Song berkuasa selama 319 tahun dalam sejarah sebelum diruntuhkan oleh Dinasti Yuan pada 1279 M.
J. Dinasti Yuan (1279-1368)
Antara tahun 1279-1368, Cina dikuasai oleh Dinasti Yuan yang berasal dari Mongolia dan didirikan oleh Kublai Khan. Dinasti ini menguasai Cina setelah meruntuhkan Dinasti Jin di utara sebelum bergerak ke selatan dan mengakhiri kekuasaan Dinasti Song. Dinasti ini adalah dinasti pertama yang memerintah seluruh Cina dari ibukota Beijing.Berakhirnya dinasti Yuan adanya pemberontakan petani pada abad ke -14.
K. Dinasti Ming (1368-1644)
Dinasti Ming dipimpin oleh Zhu Yuanzhang,ketika mendeklarasikan dirinya sebagai kaisar Zhu Yuanzhang mengganti namanya menjadi Hongwu. Pada awal tahun pemerintahan Dinasti Ming, sistem pemerintahan ganda di Cina didirikan, dengan Beijing di bagian utara dan Nanjing di bagian selatan.Dinasti Ming mencapai puncak kekuasaannya pada awal abad ke-15 pasukan cina kembali menaklukkan Annam, wilayah Vietnam saat ini sementara itu armada laut Cina berlayar mengarungi Laut Cina dan Samudra Hindia.Mereka menjelajahi lautan hingga pantai timur Afrika.Dinasti Ming melemah akibar perang berkepanjangan melawan bangsa Mongol dan penyerangan kota-kota pesisir oleh bangsa Jepang.
L.Dinasti Qing (1644-1911)
Dinasti Qing didirikan menyusul kekalahan Dinasti Ming, dinasti terakhir han Cina, oleh suku Manchu dari sebelah timur laut Cina pada 1644.Dinasti ini merupakan dinasti feodal terakhir yang memerintah Cina.Namun, pada abad ke-18 kekuasaan dinasti Qing mulai melemah.Cina terlibat dalam perang Candu melawan Inggris pada 1840 M.Cina bahkan harus menyerahkan Hongkong kepada Inggris pada 1842 M.Penguasa Dinasti Qing juga harus menghadapi beberapa pemberontakan, Taiping, Nien, Panthay, dan Boxer.Akhirnya,revolusi 1911 M yang dipimpin Sun Yat-Sen menjungkalkan Dinasti Qing dan mengakhiri monarki  feodal Cina yang telah berusia 2000 tahun.
2.Republik China
Pada 12 Maret 1912, pemerintahan sementara Republik Cina terbentuk di Nanjing. Sun Yat-Sen terpilih sebagai presiden.Namun, sebagai bagian dari perjanjian agar penguasa Qing mau Mundur, Sun Yat-Sen terpaksa menyerahkan kekuasaan kepada Yuan Shikai, mantan perdana menteri pemerintahan Qing.Inilah awal sejarah Cina yang berhubungan dengan pembentukan Republik Cina.Khawatir akan timbulnya pemberontakan, Yuan Shikai pada maret 1916 dan meninggal pada Juni di tahun yang sama.Kosongnya kekuasaan mengakibatkan Cina tercerai-berai.Setiap wilayah menjadi kekuasaan panglima-panglima perang yang saling bersaing.
3..Perang Kuomintang dan PKC
Perseteruan KMT dan PKC juga tercatat dalam sejarah Cina.Pada 1920-an, Sun Yat-Sen bermakskud menyatukan Cina kembali dan mendirikan basis perjuangannya di Cina selatan.Dengan bantuan Uni Soviet, dia besekutu dengan partai Komunis Cina (PKC).Setelah Sun Yat-Sen meninggal pada 1925, penerusnya, Chiang Kai-Shek berhasil menguasai sebagian besar Cina di bawah bendera Kuomintang (KMT) yang behaluan nasionalis.Saat itu, PKC juga mulai berusaha menanamkan pengaruhnya sehingga bersaing dengan KMT.
Pada 1927 M, Chiang mengejar tentera PKC dan mendesak mereka dari basis-basis komunis di Cina selatan dan timur.Pasukan PKC terpaksa mengadakan long march ke daerah barat daya dan mendirikan basis gerinya di Provinsi Yan'an dan Shaanxi.Selama long march ini, muncul pemimpin PKC yang baru Mao Zedong.
4. Republik Rakyat Cina
Partai Komunis China (PKC) diorganisasikan pada 1921.Setelah 1923, PKC bersekutu dengan Kuomintang namun pada 1927 persekutuan tersebut bubar ketika Ching Kai Shek memimpin Kuomintang.Pada tahun itu pula, PKC kehilngan basis massanya di Shanghai.Padahal, mengharapkan dukungan para pekerja di kota-kota Cina nampaknya menjadi hal yang mustahil.Dalam kondisi seperti itulah, Mao Zedong naik menjadi pemimpin PKC dan memberikan orientasi yang hampir semata-mata agraris.Perang saudara di Cina antara PKC damn Kuomintang berakhir pada 1949.Hasilnya, pihak komunis menguasai China Daratan dan Kuomintang menguasai Taiwan serta beberapa pilau-pulau lepas pantai di Fujian.Pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamasikan Republik Rakyat China dan mendirikan sebuah negara komunis dengan ibukota Beijing.
DAFTAR PUSTAKA
Sutopo,FX.2009.Sejarah Singkat China.Yogjakarta:Garasi


EmoticonEmoticon