Saturday, October 12, 2013

Cara merawat kulit sensitif memang membutuhkan perawatan ekstra agar tetap cantik dan menawan. Mungkin banyak yang masih bertanya seperti apa kulit sensitif tersebut? Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang tidak tahan terhadap paparan sinar matahari, kosmetika, parfum, dan lain sebagainya. Pernahkah Anda mengalaminya?

Sebagian besar wanita pernah mengalami hal ini. Dalam hal ini Anda normal meskipun Anda memiliki jenis kulit sensitif. Perubahan kulit secara tiba-tiba menjadi sensitif dapat terjadi karena sistem immune tubuh berlebihan. Karena dalam tubuh terjadi kelebihan sistem  immune maka muncul reaksi tubuh yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal-gatal, mengelupas atau bentol-bentol.

Cara Merawat Kulit Sensitif



Lantas bagaimana cara merawat jenis kulit sensitif agar tetap aman dan menawan? Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba dirumah untuk mengatasi jenis kulit sensitif yang Anda miliki.

Pilih produk kosmetik hypoallergenic
Jenis produk kosmetik hypoallergic merupakan salah satu jenis kosmetik yang aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada jenis kulit sensitif. Apapun jenis kosmetik yang Anda gunakan mulai dari bedak, eyeshadow, parfum, atau foundation sebaiknya pilihlah yang hypoallergenic. 

Sebelum membeli produk kosmetik, Anda dapat mencobanya dengan menggunakan tester sehingga bisa langsung Anda gunakan pada punggung tangan atau pergelangan tangan. Jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif, maka tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya jenis kulit yang sensitif langsung tanggap apabila ada reaksi alergi dan segera menunjukkan reaksi panas, gatal-gatal atau kemerahan.

Hindari menggunakan produk antibakteri
Produk antibakteri memang dapat digunakan untuk mengusir bakteri jahat. Namun bagi pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun dengan antibacaterial agents. Karena kandungan EDTA dan triclosan yang terdapat di dalamnya dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga kulit jadi mudah terkelupas dan gatal-gatal.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sabun khusus untuk jenis kulit sensitif. Biasanya sabun khusus ini banyak mengandung pelembab.

Gunakan sun protection
Jenis kulit sensitif memang tidak tahan terhadap sinar matahari. Apabila sering terkena sinar matahari secara langsung, biasanya kulit akan menjadi kering, merah-merah dan mudah mengelupas. Oleh sebab itu pada saat Anda beraktivitas atau bepergian ke luar ruangan sebaiknya gunakan sun protection. Meskipun Anda sedang beraktivitas di dalam ruangan sebaiknya tetap gunakan sun protection karena kita tidak pernah mengetahui seberapa besar paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela atau kisi-kisi ruangan.

Cara memutihkan kulit pada jenis kulit yang sensitif juga membutuhkan perawatan ekstra agar dapat putih maksimal. Dengan mengetahui cara merawat kulit sensitif diatas, Anda dapat menjaga kesehatan kulit secara maksimal sehingga kulit tetap cantik dan sehat. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon