Wednesday, October 2, 2013

RAHMATARIFAN/PIS

Gerakan non blok merupakan  sebuah organisasi yang muncul karena dua kekuatan blok besar yaitu blok timur yang dipimpin oleh uni soviet dan blok barat yang dipimpin oleh amerika serikat,blok barat dan blok timur mucul setelah perang dunia II berakhir dan antara kedua blok besar ini terjadilah perang yang tidak menggunakan senjata yang disebut perang dingin. Penggagas dari gerakan non blok adalah.
1.presiden ir soekarno dari indonesia
2.presiden josef broz tito dari yugoslavia
3.presiden gamal abdul nasser dari mesir
4.perdana menteri pandit jawaharlal nehru dari india
5.perdana menteri kwame nkruma dari ghana
Kelima pemimpin tersebutlah yang memprakasai terbentuk nya sebuah organisasi yang bersifat netral,tidak berpihak pada blok mana pun yang disebut organisasi gerakan non blok.
Gerakan non blok berusaha untuk tidak ikiut campur dalam urusan yang berhubungan dengan blok timur atau pun blok barat,tetapi organisasi gerakan non blok berusaha untuk menjaga perdamaian dunia.
Jika dilihat berdasarkan pertumbuhan dan aspirasinya gerakan nono blok bisa dilihat dari dua aspek yaitu:
1.ikut memelihara perdamaian dunia
Tujuan gerakan non blok selain untuk berusaha tidak ikut campur dalam urusan yang berhubungan dengan b lok mana pun,gerakan non blok juga memiliki tujuan lainnya yaitu untuk memelihara perdamaian dunia.
2.bercorak bebas aktif
Apabila suatu negara yang menjadi anggota dari gerakan non blok menerapkan politik bebas aktif maka negara tersebut akan dapat melakukan pendekatan terhadap kedua negara adikuasa tersebut.
Negara-negara anggota gerakan non blok pertama kali mengadakan konferensi tingkat tinggi di beograd,yugoslavia. Megara indonesia menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi GNB yang ke 10 pada tahun 1992 yang dilaksanakan di kota jakarta, KTT X merupakan KTT pertama yang di adakan pasca perang dingin dan sekaligus mengawali indonesia menjadi ketua dari GNB periode 1992-1995. Hingga kini gerakan non blok telah memiliki anggota sebanyak 118 negara

DAFTAR PUSTAKA
Wayan,I Badrika.2006.sejarah untuk SMA jilid 2 kelas XI program ips.jakarta.penerbit erlangga
LKS KRESNA.2013.SEJARAH UNTUK SMA/MA SEMESTER II. JAKARTA.PENERBIT SINAR MANDIRI


EmoticonEmoticon