Thursday, October 10, 2013

SRI OKTAVIANI/PIS

            Setelah Perang Dunia I, Inggris menjanjikan bahwa India akan memegang peran utama dalam memerintah sendiri,sebagai balas jasa atas dukungan India selama perang.Pada 1919,Akta Pemerintahan India disahkan. Ini memungkinkan terpilihnya mentri India untuk duduk dalam parlemen India. Namun, para gubernur Inggris masih memegang kekuasaan. Bangsa india merasa bahwa akta ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.
            Para anggota Partai Kongres India melakukan kampanye ketidakpatuhan sipil dan non kerja sama dengan Inggris. Kampanye ini dipandu oleh Mahatma Gandi ,yaitu  berupa pemboikotan penggunaan barang dari Inggris, tidak membayar pajak, dan perlawanan rterhadap Inggris tanpa kekerasan.
            Pada tahun 1945, pemerintahan Inggris memutuskan member kemerdekaan kepada India dalam Persemakmuran. Situasi menjadi sulit Karena India terdiri atas dua kelompok agama utama yaitu: Hindu dan Muslim.Setelah kerusuhan pecah dan memakan banyak korban jiwa, Inggria akhirnya setuju membagi India bagian timur-laut dan barat-laut yang mayoritas penduduknya beragama Muslim menjadi Negara yang merdeka Pakistan pada 14 Agustus 1947. Muhammad Al Jinnah menjadi gubernur  jendral yang pertama. Wilayah sisanya menjadi Negara India merdeka. Jawaharlal Nehru menjadi perdana mentri pertama.

Daftar Pustaka:
ENSIKLOPEDIA SEJARAH DAN BUDAYA, 2009, sejarah dunia 5, penerbit: Lentera Abadi,Jakarta


EmoticonEmoticon